AMBON, Siwalimanews – Polda Maluku menggelar pelatihan pendidikan pengem-bangan spesialisasi bagi tenaga pendidik (Dikbangspes Gadik)

Pelatihan yang dilaksanakan di gedung SPN Polda Maluku di Desa Passo Kamis (20/1) bertujuan untuk melahirkan lulusan Bintara Polri yang berkualitas.

Dalam kegiatan kali ini SPN Polda melibatkan para pakar dari Universitas Pattimura  dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon sebagai pemateri.

Kepala SPN Polda Maluku Kombes Daniel Prio Dwi Atmoko menjelaskan, pelatihan Dikbangspes dilaksanakan, mengingat SPN Polda Maluku merupakan suatu lembaga pendidikan Polri.

“Sebagai ujung tombak keberhasilan dalam mengembangkan dan membina peserta didik, gadik SPN Polda Maluku harus disiapkan dalam mewujudkan Bintara Polri yang profesional,” ujarnya.

Baca Juga: Tak ada Audit BPK, Kredit Pemkot Terancam Gagal

Ia berharap, kegiatan kolabo­rasi yang dilaksanakan tersebut, dapat melahirkan Bintara Polri yang profesional untuk menja­lankan tugas pokok dan fungsi polri sebagai salah satu fungsi pemerintahan negara dibidang pemelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, penegak hukum, pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

“Pelatihan ini kami laksanakan untuk menghadapi dilaksanakannya pendidikan pembentukan Bintara Polri gelombang I pada 8 Februari 2022 mendatang. Kita berkolaborasi dengan Unpati dan IAIN Ambon, karena keduanya memiliki akreditasi A dalam dunia pendidikan. Kita harap dapat menghasilkan lulusan Bintara Polri yang berkualitas,” ujarnya.

Sebagai pelaksana tugas dan fungsi Polri Atmoko mengaku, Bintara dituntut untuk profesional, bermoral, berwawasan luas, memiliki integritas tinggi dan berkomitmen dalam memajukan Polri.

Di sisi lain, penyelenggaraan pelatihan Dikbangspes dengan berkolaborasi bersama dua kampus negeri tersebut, dilakukan karena dari data yang ada, gadik SPN Polda Maluku belum memenuhi syarat menurut peraturan Kapolri No. 14 tahun 2015 tentang Sistem Pendidikan Polri. (S-45)