NAMLEA, Siwalimanews – Sampai dengan saat ini sebanyak 433 tenaga kesehatan di Kabupaten Buru yang baru menjalani vaksinasi tahap I dari total 1.162 nakes yang haris divaksin.

Jubir Satgas Penanggulangan Covid 19 Kabupaten Buru, Nani Rahim mengaku, total sasaran vaksin di Kabupaten Buru sebanyak 19.172 orang dan tahap pertama akan dilakukan terhadap nakes sebanyak 1162 orang.

“Melihat progres pencapaiannakes yang divaksin sampai dengan 10 Februari sebanyak 433 orang,  ini belum mencapai separuh dari target,” tandas Nani kepada wartawan di Namlea, Kamis (11/2).

Kecilnya angka tersebut kata Nani, bukan karena para nakes ini menolak divaksin, tapi ada kendala lain, termasuk banyak puskesmas di daerah pedalaman yang tak ada signal.

Selain kendala itu, banyak nakes juga yang tidak bisa di vaksin karena miliki penyakit bawaan dan lain sebagainya.

Baca Juga: Gempa 5,4 SR Guncang Kepulauan Tanimbar

“Kemarin sudah ada kebijakan baru untuk penyintas covid sudah bisa divaksin setelah 3 bulan dinyatakan sembuh,” ucap Nani Rahim.

Ditanya kapan Bupati Ramly Umasugi akan divaksin Nani mengaku, akan dilakukan pada Sabtu (13/2).  Bupati terlambat divaksin karena sementara menjalankan tugas dinas ke luar daerah.

“Hari ini pak bupati tiba di Namlea. InsyaAllah hari Sabtu pak bupati dengan Ketua DPRD divaksin pertama. Selanjutnya baru pak Kapolres, Dandim dan Ketua PN,” ucap Nani. (S-31)