DOBO, Siwalimanews – KM Satya Kencana II yang akan melayari jalur antar pulau di Kabupaten Aru, tiba di Kota Dobo, Kamis (11/2).

Kepala Dinas Perhubungan Aru Edwin Pattinasarany mengatakan, dengan adanya kapal ini, maka akan memudahkan dan memperlancar serta memperluas akses transportasi, baik masuk maupun keluar Kota Dobo.

“Selain memperluas akses transportasi, ini juga merupakan bagian dari visi dan misi bupati yang salah satu pointnya membuka akses transportasi seluas-luasnya,” ujar Pattinasarany kepada wartawan di Dermaga Yos Sudarso Dobo, saat meninjau kapal tersebut.

Kapal ini bukan merupakan bantuan Kementerian Perhubungan, namun  perusahaannya yang memenangkan tender jalur pelayaran perintis di wilayah kepulauan Aru, Saumlaki hingga Timika.

“Kantor cabangnya di Dobo ada dan jadi nilai tambah bagi kita. Karena dalam wilayah Aru, kapal ini malayari rute Dobo, Marlasi di Aru Utara dan Koijabi di Aru Tengah Timur, Sementara untuk jalur pelayaran antar kabupaten, yakni Dobo-Saumlaki dan Dobo Timika pulang pergi,” jelas Pattinasarany.

Baca Juga: Pemkab SBB Gelar Vaksinasi Tahap II

Selain itu kata dia, kapal ini juga direncanakan akan melakukan pelayaran perdana pada 22 Februari  mendatang dengan tujuan Dobo- Saumlaki dan Dobo-Marlasi-Koijabi. Untuk Dobo-Timika direncanakan pada 29 Februari jika tidak ada halang rintang.

“Tadi sekitar pukul 12.30 WIT ketika kapal ini tiba, pemda bersama pihak perusahan telah menjalani prosesi adat yang dilakukan diatas kapal,” ujarnya.

Bupati bersama pimpinan Forkopimda juga tambah Pattinasarany, telah melakukan peninjauan langsung untuk melihat kondisi kapal tersebut.

Sementara itu, Nakhoda KM Satya Kencana II Try Rahman Saleh mengatakan, ini merupakan bentuk kerja sama Pemkab Aru dan pemerintah pusat untuk membuka akses transfortasi

“Kapal ini berbobot 2.156 GT dengan kapasitas penumpang 280 orang serta daya angkut kenderaan campuran (mobil dan sepeda motor) sebanyak 40 unit. (S-25)