AMBON, Siwalimanews – Kepala Kepolisian Repub­lik Indonesia, Jendral Listyo Sigit Prabowo direncanakan akan mengunjungi Maluku dan meresmikan gedung Markas Polda Maluku yang baru dibangun di kawasan Jalan Sultan Hasannudin Desa Hative Kecil Kelurahan Pandan Kasturi Kecamatan Sirimau Kota Ambon.

Kepastian kedatangan orang nomor satu di Kepolisian RI ini di­sampaikan Kapolda Maluku dalam pertemuan dengan Pejabat Utama Polda Maluku di Tribun Lapangan Letkol CHR Tahapary, Kota Ambon, Senin (10/1).

“Dalam peresmian Mapolda Maluku, bapak Kapolri direncana­kan yang akan meresmikannya,” ungkap Kapolda dalam pertemuan tersebut.

Sebagai persiapan, mantan Kapolda NTT ini menginstruksikan para pejabat utama agar dibuatkan Sistem Pengamanan (Sispam) Mako Polda Maluku serta, Sentra Pelayanan Masyarakat, yang harus dibuatkan pemisah dengan Markas Polda Maluku.

Dirinya mengatakan, guna me­maksimalkan sistim di Polda yang baru, para pejabat utama lebih di­siplin dan militansi guna terbentuk pelaksanaan terbaik di Mapolda Baru.

Baca Juga: Tahun 2023 Gedung Kantor Disdukcapil Dirombak

“Disiplin dan militansi yang bagus akan bagus pula dalam pelaksanaaannya, dan saya lihat itu sudah terbentuk di Polda Maluku,” ungkapnya.

Kapolda yang pernah menjabat Komandan Korps Polairud (Kakor­polairud) Baharkam Polri mrminta agar kepercayaan yang telah diberikan kepada masing-masing pejabat utama Polda Maluku dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

“Saya mempercayakan pelaksanaan tugas kepada masing-masing pejabat dan saya yakin tidak perlu diarahkan lagi. Olehnya itu, kolaborasi dan koordinasi yang baik dengan berbagai pihak akan mewujudkan tujuan yang ingin dicapai,”tandasnya.

Untuk diketahui gedung Polda Maluku di kawasan Jalan Sultan Hasannudin Desa Hative Kecil Kelurahan Pandan Kasturi Kecamatan Sirimau Kota Ambon menelan anggaran sebesar Rp 172 miliar.

PT Adhi Karya (Persero) Tbk, Wukrama Wardana dipilih selaku kontraktor pelaksana yang memulai pekerjaan sejak tahun 2020 lalu. (S-45)