AMBON, Siwalimanews – Jajaran Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Maluku mengikuti upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-113, yang dilakukan secara virtual melalui kanal streaming Kemenkominfo, Kamis (20/5).

Upacara yang dipimpin Menkominfo Jhonny G Plate, disaksikan di seluruh Indonesia, termasuk jajaran Kemenkumham secara virtual, dikarenakan situasi pandemi Covid-19 yang masih mewabah.

Dalam sambutannya, Menteri Kominfo Jhony G Plate menyampaikan tiga hal yang merupakan substansi makna dari kebangkitan nasional yang harus dipertahankan dan diaktualisasikan lintas Generasi, yang senantiasa diterapkan dalam kerangka dinamis sesuai konteks kemajuan zaman.

“Perhimpunan Budi Oetomo meletakan dasar-dasar kebangkitan nasional bagi bangsa Indonesia. Tiga hal penting yaitu, Cita-cita untuk memerdekakan cita-cita kemanusiaan, kedua, memajukan nusa dan bangsa, ketiga, mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermanfaat di mata dunia,” ucap Menkominfo

Baca Juga: Sarimanella Ingatkan PUPR Perhatikan Talud Kali Wayori

Peringatan Harkitnas tahun ini, kata Menkominfo mengusung tema Bangkit Kita Bangsa yang Tangguh.

“Momentum hari ini mengingatkan kita untuk selalu optimistis menghadapi masa depan serta menuntut kita untuk bisa hadapi semua tantangan dan persoalan bersama-sama sebagai pewaris ketangguhan bangsa ini,” ujarnya.

Tangguh yang paling utama saat ini kata Menkominfo, adalah adanya kebersamaan untuk memulihkan ekonomi nasional, dan peluang yang dimanfaatkan adalah ekonomi digital.

Peningkatan jumlah transaksi melalui e-commerce juga tidak terlepas dari kebijakan pemerintah dalam mendorong akseptasi digital kepada masyarakat, serta terus mengakselerasi perkembangan fintech dan digital banking.

“Saya ingatkan untuk tetap semangat bergerak sebagai bangsa, dengan tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras dan golongan, guna meraih mimpi bangsa Indonesia untuk akselerasi memacu ekonomi dan kemajuan peradaban sebagai simbol kebangkitan bangsa menuju Indonesia digital, semakin digital dan semakin Maju,” pungkasnya. (S-51)