AMBON, Siwalimanws – Setelah sebelumnya dilaksanakan rekayasa lalulintas di kawasan Jalan Rijali, Kecamatan Sirimau, kini justru diberlakukan waktu operasional pada lokasi yang sama.

Plt. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon, Robby Sapulette mengatakan,  hal tersebut dilakukan guna untuk mengurai kemacetan di jam strategis dan mempercepat perjalanan memasuki Kota Ambon di jam lewat waktu kemacetan.

“Jadi kita sengaja biking begitu supaya mengantisipasi itu nantinya kalau itu dibuka maka ada pergerakan lalulintas yang melintasi Jalan Kakiyali, kemudian menuju Jalan WR. Soepratman, dia mempercepat arus masuk. Sedangkan kalau kita tutup di jam puncak itu bisa terurai,” jelas Sapulette, kepada Siwalima, melalui telephone seluler, Rabu (19/5).

Diakui Sapulette, penggunaan waktu operasional ini merupakan tindak lanjut dari proses evaluasi rekayasa lalu lintas yang dilakukan pada beberapa waktu lalu pada lokasi jalan Rijali tersebut.

“Kebijakan itu diambil oleh forum antara perhubungan, bersama-sama dengan lantas,” ungkapnya.

Baca Juga: Sekwan Pastikan Berikan Sanksi bagi ASN tak Berkantor

Ditambahkan, langkah ini dilakukan selain untuk mengantisipasi kemacetan di jam-jam puncak, namun ini juga merupakan proses adaptasi dengan aktivitas masyarakat menuju kebiasaan baru.

“Ini kan sudah masuk zona kuning, mau menuju ke kebiasaan baru kan kondisi normal. Itu berarti aktivitas sudah mulai ramai, jadi itu antisipasinya seperti itu,” bebernya.

Untuk diketahui, pemberlakuan waktu operasional di kawasan Jalan Pattimura-Rijali sebagai berikut; hari Senin sampai dengan hari Jumat, jalan akan dibuka pada pukul 20:00 WIT sampai dengan pukul 13:00 WIT, dan ditutup pada pukul 13:00 WIT sampai dengan 20:00 WIT.

Pada hari Sabtu, Minggu, dan libur Nasional akan dibuka 24 jam, akses masyarakat yang tinggal di luar Kota untuk masuk ke Kota Ambon dihari tersebut bebas.(S-52)