AMBON, Siwalimanews – Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon Robby Sapulette berhohong kalau selama ini ada petugas yang menertibkan parkiran di depan pusat perbelanjaan MCM.

Badan jalan depan MCM menjadi lokasi parkiran sejak lama. Banyak petugas Dinas Perhubungan yang melintas disitu namun tidak ada yang berani menertibkan puluhan kendaraan baik sepeda motor maupun angkot.

Pantauan Siwalima, sampai dengan saat ini, lokasi tersebut meski telah diberi rambu dan dan berikan tali penghalang namun tetap saja dijadikan lahan parkir.

Bahkan lokasi tersebut juga dijadikan sebagai terminal bayangan untuk trayek Laha, Hunuth dan Poka maupun trayek angkutan kota dalam provinsi (AKDP).

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) kota, Robby Sapulette saat dikonfirmasi mengaku upaya penertiban telah dilakukan namun tetap saja dilanggar.

Baca Juga: Proyek SMI Rp13 M tak Tuntas, Segera Diusut!

Dirinya bahkan memberikan kesalahan ke­pada pengelola pusat perbelan­jaan dengan dalil salah peren­canaan.

“Inilah akibat apabila pemba­ngunan tak disertai perencanaan. Ketika membangun MCM tidak ada andalalin oleh sebab itu terjadi hal seperti secara berulang-ulang meski telah ditertibkan,” ujar Sapulette.

Katanya, parkiran khusus costumer telah dibuat namun masyarakat sendiri yang tidak ingin menggunakan fasilitas tersebut.

“”MCM itu kan sesuatu yang dibangun, tanpa menemui satu kajian akan dampak seperti bagini dan mereka (masyarakat) itu mau enak langsung berhenti langsung naik tangga masuk di MCM,” ungkapnya kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (18/1).

Dinas Perhubungan urainya telah meminta kepada pengelola MCM untuk menutup pintu depan namun, sampai saat ini tak digubris sama sekali.

“Kita kan sweeping terus, ada angkutan umum yang ngetem juga kita sweeping, kita tindak,” janjinya. (S-52)