AMBON, Siwalimanews –  Penyuntikan vaksin jenis booster tahap ketiga mulai dilaksa­nakan dengan sasaran warga Kota Ambon dengan usia rentan dan penyakit penyerta.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon Wendy Pelupessy mengakui penyuntikan ini dilaksankan pertama sudah dilaksanakan.

“Sekarang kita sudah mulai (penyuntikan booster ketiga) dengan lansia, dengan komorbid di Tribun Lapangan Merdeka,” katanya kepada wartawan di Ambon, Rabu (19/1).

Lanjutnya untuk warga usia dewasa atau umum belum dapat dilaksankan di karena capai vaksinasi dosis kedua belum mencapai target. “Yang untuk umum kita mesti tunggu sampai 60 persen sesuai dengan arahan kementerian,” terangnya.

Dirinya mengungkapkan pelaksanaan penyuntikan vaksinasi booster ketiga ini sekaligus dengan lanjutan vaksinasi usia 6-11 tahun kepada anak yang belum melakukan vaksinasi.

Baca Juga: Walikota: Vaksinasi Umum Tinggal Lima Persen

“Ini untuk semua golongan karena semua vaksin tersedia,” ungkapnya.

Ia mengaku, penyuntikan untuk vaksinasi lanjutan kepada anak usia 6-11 tahun dilakukan tak hanya di Tribun Lapangan Merdeka saja tapi dilaksankan di puskesmas dan sekolah.

“Sama halnya dengan penyuntikan booster ketiga bagi lansia juga dilakukan di puskesmas,” terangnya.

Disinggung terkait dengan apakah akan mencapai target 31.000 untuk anak usia 6-11 tahun dirinya optimis dapat memenuhi target tersebut.

“Minimal 70 persen supaya herd immunity anak itu tercapai. Selalu kita maksimalkan, tetap kita optimis untuk mencapai itu,” harapnya. (S-52)