AMBON, Siwalimanews – Victor Lakburlawal resmi menjabat sebagai Kepala Desa Kokwari, Kecamatan Babar Timur, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), setelah dilantik oleh Pjs Bupati MBD, Melkias M. Lohy, Sabtu (7/11).

Lakburlawal dilantik menggantikan Jance Romiwi yang telah selesai masa jabatannya berdasarkan Surat Keputusan Bupati Maluku Barat Daya Nomor : 141-153 Tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Penjabat Kepala Desa Kokwari Kecamatan Babar Timur Kabupaten MBD.

Pelantikan itu dalam rangkaian kunjungan kerja Pjs Bupati MBD, yang juga dihadiri  Wakapolres MBD, Kasdim 1511/Pulau Moa, Sekretaris Daerah MBD, Pimpinan OPD, Pelaksana Tugas Camat Babar Timur, Kapolsek Babar Timur, Dewan Guru, Tokoh Masyarakat,Para Kepala Desa, Tokoh Agama, serta masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Lohy mengatakan, otonomi daerah merupakan suatu kewenangan yang diberikan pemerintah kepada  setiap daerah untuk mengatur rumah tangganya sendiri dengan tetap berpegang teguh pada peraturan perundang-undangan yang berlaku serta tetap menjunjung tinggi norma adat istiadat yang berlaku.

“Untuk itu kepada saudara yang dilantik diharapkan agar saudara dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan kewenangan yang diberikan serta dapat bekerja sama dengan masyarakat Desa Kokwari,” ungkap Lohy.

Baca Juga: Tujuh Hari Nihil, Pencarian Warga SBB Dihentikan

Ia juga mengucapkan terima  kasih atas nama pemerintah daerah kepada Jance Romiwi yang telah melaksanakan tugas sebagai kepala desa selama 6 tahun.

“Dalam filosofi pemerintahan seorang pemimpin hadir untuk dapat memberikan rasa aman dan damai kepada rakyatnya dan untuk dapat mengerti suara hati rakyatnya, karena itu pesannya kepada penjabat kepala desa terpilih untuk tidak sombong, selalu rendah hati, selalu meminta hikmat dan kebijaksanaan dari TYME agar dalam melaksanakan tugas dengan baik sampai pada waktu terpilihnya kepala desa definitif,” ujarnya.

Berkaitan dengan Pemilihan Kepala Daerah yang akan dilaksanakan secara serentak pada 9 Desember 2020, Lohy meminta kepada seluruh kepala desa untuk menjadi panutan kepada masyarakat yang dipimpinnya.

“Ajaklah seluruh masyarakat untuk tidak golput agar pada saatnya mereka dapat menggunakan hak politik mereka dan selalu menghargai perbedaan agar tidak terjadi perpecahan dalam masyarakat,” katanya.

Lohy juga berharap, peran serta dari seluruh komponen masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tenaga pendidik, tenaga kesehatan untuk menggelorakan penyelengggaraan Pilkada agar berjalan dengan damai, aman dan lancar serta menjaga keamanan dan ketertiban didalam wilayah Kecamatan Babar Timur ini. (S-39)