AMBON, Siwalimanews – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menyambut baik penyelenggaraan Kongres XII Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) yang akan berlangsung di Ambon, Maluku pada  14 – 18 Mei 2023.

Hal tersebut disampaikan saat menerima kunjungan Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (DPP GAMKI), Rabu (15/4) di lantai 10, Gedung Graha Pemuda Kemenpora, Senayan Jakarta Pusat.

“Saya menyambut baik Kongres GAMKI ini. Dan kedepan kita semakin memperkuat kolaborasi dengan GAMKI. Dan saya berharap GAMKI bisa merumuskan peran strategis dan menyusun aksi nyata peran pemuda ,” katanya.

Lebih lanjut orang pertama di Kemenpora itu  mengatakan kedepan harus terus maju untuk Indonesia dalam bingkai NKRI. “Kami akan terus memberkan dukungan sehingga untuk  hal-hal lain nantinya  berhubungan langsung dengan Asdep Organisasi Kepemudaan dan Kepramukaan Kemenpora Aris Subiyono. Ini ada Pak Asdep yang mendampingi saya hingga bisa langsung mendukung  hal lain pada acara kongres GAMKI nanti,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) GAMKI, Michael Wattimena, mengatakan, GAMKI sangat bangga karena Kemenpora dipimpin oleh menteri dari generasi muda.

Baca Juga: Jalan di Larier Diblokade Pemilik Lahan

“Kami bangga sekali karena Kemenpora dipimpin dari generasi muda di dalam kabinet Presiden Jokowi. Dan Pak Menteri ini juga cerdas dan ganteng. Dengan demikian sangat mudah untuk berhadapan dengan kalangan melenial,” ujarnya.

Dikatakan, GAMKI akan mengelar kongres di Ambon sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

“Kami dari DPP GAMKI punya agenda organisasi yang  sesuai dengan kalender organisasi yaitu kita akan melaksanakan Kongres GAMKI di Ambon, Maluku. Rencananya tanggal 14-18 Mei 2023. Dan teman-teman GAMKI seluruh Indonesia berharap Pak Menteri juga hadir di kongres ini,” katanya.

GAMKI  mengundang Menpora yang juga sebagai dari anak muda di energi ini untuk   hadir pada kongres GAMKI di Kota Ambon Provinsi Maluku dan terkait dengan acara besar ini sesuai jadwalnya harus berlangsung pada bulan Maret namun oleh ketua panitia Lucky Wattimury disebutkan tertunda dan akan berlangsung di bulan Mei. Karena waktu pelaksanaan kongres sudah semakin mendekat, maka tokoh muda Maluku BMW, sapaan akrab Bung Michael Wattimena yang merupakan ketua MPO sangat merasa terpangil untuk bergerak satukan hati menyampaikan prosesnya kepada siapapun. Salah satunya Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo.

Sekretaris Umum GAMKI Sahat Martin Philip Sinurat mengatakan, Menpora Dito adalah menteri paling muda. Dan GAMKI fokusnya generasi muda.

“Menpora Dito  memang dari generasi muda, dan kita memang fokusnya generasi muda. Jadi kita ingin generasi muda ini bisa punya peran untuk bisa membangun bangsa ini dalam situasi  pasca pandemi ini,” ujarnya. (S-08)