AMBON, Siwalimanews – Inovasi Kalesang Kintal Kosong yang dikembangkan OPD di Lingkup Pemerintah Kota Ambon meraih penghargaan dari Pemerintah Provinsi Maluku.

Inovasi yang diinisiasi oleh Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena sejak menjabat itu, berhasil keluar sebagai juara pertama ajang Maluku Inovation Award 2024

Penghargaan itu diterima walikota dari Gubernur  Maluku Murad Ismail dalam pembukaan Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD Pemerintah Provinsi Maluku tahun 2025 yang berlangsung di salah satu hotel di Ambon, Rabu (17/4)

Walikota dalam sambutan mengaku  capaian yang diraih merupakan kerja bersama seluruh stakeholder di Lingkup Pemkot Ambon.

“Pemkot Ambon selama dua tahun berturut-turut menerima penghargaan yang sama, dimana tahun 2023, inovasi dari kota Ambon yakni Kurikulum Musik keluar sebagai juara,” ujarnya.

Baca Juga: Demokrat Malteng Sasar Tokoh Pancasilais Nasionalis

Dirinya menguraikan, inovasi ini  telah dicetuskan sejak ia menjabat dimana ide awalnya guna memanfaatkan lahan tidur di sekitar rumah masyarakat, untuk diubah menjadi lahan produktif.

“Kita sediakan aplikasi, lalu masyarakat punya lahan kosong dipotret dan diunggah ke aplikasi tersebut,,” ungkapnya.

Dari sisi penilaian pemprov menurut walikota, inovasi ini bisa untuk pengendalian inflasi di Kota Ambon. Pasalnya dengan adanya inovasi ini, masyarakat dapat menanam tanaman-tanaman produktif misalnya cabe, sehingga jika harga naik di pasaran.

“Prinsipnya bukan pada siapa yang pemimpin kota, tapi bagaimana seluruh OPD dapat mengembangkan inovasi yang sudah ada, karena membangun kota ini butuh inovasi,” pungkasnya.(S-29)