BULA, Siwalimanews – Polres Seram Bagian Timur bersama pemerintah kabupaten serta stake holder terkait menggelar rapat koordinasi lintas ektoral dalam rangka menghadapi Idul Fitri 1445 Hijriyah yang dipusatkan di aula Parama Satwika Mapolres SBT, Senin (1/4).

Kapolres SBT AKBP Agus Joko Nugroho saat membuka rakor itu mengatakan, rakor ini bertujuan untuk saling berkoordinasi terkait pengamanan lebaran, baik pada saat mudik Lebaran, perayaan lebaran, malam takbiran, sholat Idul Fitri sampai dengan liburan cuti bersama dan arus balik lebaran.

“Oleh karena itu kita memerlukan kebersamaan, sinergitas, keterpaduan semua instansi untuk melaksanakan kegiatan pengamanan Lebaran. Kegiatan yang sudah di lakukan Polres SBT yaitu, pengecekan ke gudang logistik, pelabuhan, angkutan Lebaran, dan Pertamina,” ungkap kapolres.

Sementara terkait arus mudik yang mungkin dari luar SBT yang ingin menuju SBT dan dari luar Bula ingin menuju Bula kata kapolres, harus dipersiapkan angkutan, baik darat maupun laut, dan untuk perayaan  malam takbiran serta Sholat Idul Fitri, harus ekstra dalam melakukan pengamanan.

Sementara untuk cuti bersama, setelah Lebaran akan ada tempat-tempat rekreasi yang akan dipenuhi oleh pengunjung seperti tahun-tahun sebelumnya, oleh itu menjadi atensi untuk dilakukan pengamanan terpadu.

Baca Juga: Safari Ramadhan, Danlantamal Bagikan Takjil

Sementara Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur ypada kesmepatan itu mengatakan, ada banyak hal yang harus dilakukan, baik dari sisi pengamanan, pelayanan pemerintahan, ekonomi dan bagaimana menyikapi hak-hak, yang menyangkut dengan kemanusiaan.

“Dalam hal ini sudah ada hal-hal yang dibicarakan, sehingga sudah tentu ada kekurangan dan kelebihan yang ada pada kita semua yang berasal dari berbagai lembaga atau instansi yang ada di SBT,” ucap Rumalutur.

Kegiatan ini juga kata Rumalutur, merupakan bagian dari pelayanan sebagai aparat pemerintah untuk memberikan kenyamanan kepada seluruh masyarakat dalam menyongsong hari raya Idul Fitri.

“Saya berharap, semoga apa yang dilakukan adalah bentuk ikhtiar kita dalam rangka untuk memberikan sesuatu yang diharapkan oleh masyarakat yang diberi tanggung jawab oleh negara dalam melayani masyarakat,” tandas Rumalutur.

Kabag OPS Polres SBT AKP Androyuan Elim menjelaskan, polres menitikberatkan pada pengamanan terhadap kelancaran arus mudik atau balik serta dilakukan pengamanan pada lokasi peribadahan dan pengamanan perayaan Idul Fitri.

“Pengamanan di sentra ekonomi seperti toko emas, pegadaian, minimarket, tempat keramaian serta pemukiman masyarakat, untuk menghindari aksi curas,” jelasnya.

Ia mengaku, memasuki musim penghujan, pihaknya juga mewaspadai terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor, sehingga pihaknya menyiagakan alat berat dan tim SAR serta berkoordinasi dengan instansi terkait.

Persiapan manajemen penanganan arus lalu lintas di sepanjang jalur darat maupun angkutan laut  juga dilakukan, sekaligus mengcek manifest dan kelaikan kapal serta perhatikan kondisi cuaca.

“Patroli rutin juga melibatkan TNI serta instansi lain di wilayah yang rawan dengan sasaran senjata tajam, senjata api dan bahan peledak,” jelasnya. (S-27)