AMBON, Siwalimanews – Dalam rangka menyebarluaskan informasi peringatan dini kepada masyarakat, BMKG Stasiun Geo­fisika Kelas I Ambon menggandeng Pemerintah Kota Ambon.

Sejak tahun 2020 lalu, BMKG Stasiun Geofisika Klas I Ambon telah menyerahkan bantuan alat penye­barluasan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami yaitu WRS NewGen ke Pemkot Ambon.

“Kunjungan kami sekaligus mendiskusikan, kolaborasi bersama Dinas Kominfo menyebarluaskan informasi peringatan dini kepada masyarakat,” jelas Kepala BMKG Stasiun Geofisika Klas I Ambon, Djati Cipto Kuncoro, di Balai Kota, Jumat (12/1).

Diakui alat yang diserahkan ke pemkot menurutnya dapat mem­berikan informasi gempa bumi secara cepat.

Dengan alat ini juga dipasti­kan,pemangku kepentingan meng­ambil langkah cepat dalam me­nangani bencana dan memberi manfaat nyata dalam menyelamatkan masyarakat dari situasi bencana.

Baca Juga: Sembilan Bulan ASN Buru Belum Terima TPP

“Kami harap kedepan BMKG bisa bekerja sama juga untuk menampilkan titik rawan gempa dan mengkoneksikan sistem peringatan dini gempa di Maluku dan info BMKG lainnya dengan perangkat CC,” pintanya.

Sementara itu, Kadis Kominfo dan Persandian Ambon, Ronald Lekransy, menyambut niat baik kerjasama dengan BMKG terkait publikasi informasi yang terintegrasi dengan CC milik Pemkot Ambon.

“Dinas Kominfo akan mudah membantu, memberikan semua bentuk informasi yang mengancam keselamatan rakyat di kota ini,” ujar Lekransy.

Selain itu juga dengan komunikasi yang baik ini ke depan dapat mendukung pelayanan informasi publik dalam mewujudkan Ambon Smart City.

Saat ini tambahnya, penyebaran informasi bagi masyarakat dalam kaitan dengan ancaman dan kerentanan bencana adalah aspek prioritas Pemkot Ambon.

Olehnya itu penyebarluasan informasi peringatan kebencanaan, juga akan dilakukan melalui SMS broadcast melalui kontak yang disediakan pemerintah yang dikelola oleh Dinas Kominfo dan Persandian.

Hadir pada saat itu juga Ahli Muda Pengamat Meteorologi dan Geofisika (PMG), Yehezkiel Halauwet.(S-29)