AMBON, Siwalimanews – Meski baru akan tayang serentak di bioskop pada 25 April 2024 nanti di seluruh Indonesia, namun terasa spesial bagi warga Kota Ambon.

Pasalnya, film perjalanan karir dan cinta musisi asal Ambon almarhum Glenn Fredly Deviano Latuihamallo dalam Glenn Fredly The Movie, cuplikan film ini tayang perdana di Kota Ambon yakni di bioskop XXI Ambon City Center, Jumat (12/4) malam.

Nonton bareng pemutaran perdana cuplikan film tersebut dihadiri langsung oleh istri almarhum Glenn Fredly, Mutia Ayu dan anaknya Gewa Atlana Syamayim Latuihamallo serta Aufa Assagaaf, salah satu pemeran sosok Frans Sulilatu dalam film tersebut, serta hadir juga sejumlah musisi dan seniman Kota Ambon.

Pemutaran cuplikan film itu tidak hanya menampilkan pahit manis perjalanan karir dan cinta almarhum, tetapi juga bagaimana kehidupan keluarganya, yang ternyata penuh dengan pertengkaran, akibat trauma masa lalu ayahnya yang tidak menginginkan Glenn menjadi seorang penyanyi.

Kisah almarhum Glenn Fredly yang diperankan aktor Marthino Lio itu, juga membawa pesan perdamaian bagi warga Maluku. Dari film yang disutradarai Lukman Sardi ini juga, diketahui bagaimana perjuangan almarhum menghadirkan Ambon, sebagai kota musik dunia.

Baca Juga: KONI Maluku Akui Anggaran Jadi Kendala Pengembangan Cabor

Istri almarhum, Mutia Ayu kepada wartawan usia pemutaran cuplikan film itu mengaku senang dan bahagia.

“Happy banget, bangga juga, nggak pernah terpikirkan kisah Glenn ini bakalan dibuatkan film. Apalagi dari film ini, Gewa bisa mengenal sosok ayahnya,” ungkap Mutia.

Mutia berharap, dari film ini bisa menjadi contoh tentang bagaimana mencintai keluarga.

“Mudah-mudahan dengan film ini Kita bisa belajar bahwa keluarga adalah segalanya, terus juga bagaimana menghargai waktu, menghargai orang yang kita cintai, dan pastinya mudah-mudahan teman-teman semuanya suka dengan film ini,” ucap Mutia.

Sementara terkait kontribusi almarhum yang menjadikan Ambon diakui sebagai kota musik dunia, Aufa Assagaaf salah satu pemeran sosok Frans Sulilatu minta kepada Pemerintah Kota Ambon, agar tetap meneruskan mimpi-mimpi besar almarhum Glenn Fredly.

“Meski bung Glenn sudah tidak ada lagi bersama-sama kita, tetapi mimpi besarnya semoga tetap terjaga. Apa yang sudah dia lakukan, baik sumbangsi pikiran maupun tenaga untuk kota yang dia cintai ini, semoga tidak akan berhenti dan akan lebih baik lagi dari sekarang. Itu harapannya,” tandas Aufa.

Untuk diketahui, film ini juga diperankan oleh sejumlah aktris dan aktor ternama, selain Marthino Lio, ada juga Bucek Deep, Ruth Sahanaya, Zulfa Maharani, Alyssa Abidin, Sonia Alyssa, Sahira Anjani dan Winky Wiryawan. (S-25)