AMBON, Siwalimanews – DPRD Provinsi Maluku mendo­rong, agar pemerintah daerah melakukan percepatan kebijakan Lumbung Iklan Nasional (LIN) dan Tanaman Pangan.

Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury mengatakan, sesuai surat yang diterima dirinya secara jelas telah ditegaskan, jika nantinya pengelolaan wilayah laut diserahkan sepenuhnya untuk dikelola oleh Maluku.

Dalam pertemuan bersama Gubernur Maluku, kata Wattimury, pihaknya telah meminta agar OPD terkait seperti Dinas Perikanan dan Kelautan mempercepat tindak lanjut atas kebijakan itu.

“Jadi kalau mau jadikan Maluku sebagai LIN, mesti buat konsepnya seperti apa dan itu harus cepat,” timpal Wattimury.

Dikatakan, rencana kebijakan Itu yang harus segera diselesaikan untuk disampaikan kepada peme­-rintah pusat untuk dipercepat, sehingga Maluku yang selama ini dirugikan dengan luas laut yang dikelola oleh pihak lain, tanpa ada keuntungan bagi Maluku, sekarang mendapatkan ruang yang cukup besar untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dari segi investasi yang nantinya ditanamkan oleh investor.

Baca Juga: Sejumlah Pemukiman Penduduk Disterilkan

Menurut Wattimury, saat rapat pimpinan dewan dan pimpinan fraksi, gubernur juga telah menyampaikan jika pihaknya telah menugaskan OPD terkait untuk mengambil langkah-langkah yang terukur dengan waktu yang sesingkat. Atas hal ini DPRD sangat mendukung langkah gubernur tersebut.

Selain LIN, Wattimury juga mengingatkan terkait kebijakan tanaman pangan, sebab Menteri Pertanian juga telah berjanji akan membantu Maluku dengan anggaran 500 miliar sampai 1 triliun

“Semua peluang ada terbuka sekarang  tapi kalau tidak cepat menindaklanjuti dengan kegiatan teknis maka itu akan merugikan kita,” tegasnya.

Karena itu, DPRD Provinsi Maluku akan segera mengagendakan untuk mengundang OPD terkait dalam rangk membicarakan sejauh mana langkah yang telah ditempuh atas peluang yang ada, baik yang berkaitan dengan Lumbung Ikan Nasional maupun Tanaman Pangan. (Cr-2)