AMBON, Siwalimanews – DPRD Provinsi Maluku bakal memfokuskan diri untuk melakukan pengawasan sejumlah proyek yang dibiayai baik oleh APBN maupun APBD yang dikerjakan tahun 2021 kemarin.

“Jadi Bamus telah memutuskan bahwa kita akan fokus tahun ini untuk lakukan pengawasan APBN dan APBD tahun 2021 yang sudah selesai dilaksanakan dan akan dilakukan oleh komisi-komisi di 11 kabupaten/kota,” ungkap Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Aziz Sangkala kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Rabu (12/1).

Pengawasan terhadap proyek-proyek tersebut kata Sangkala, harus dilakukan dalam rangka memastikan peruntukan anggaran negara dan daerah dapat tepat sasaran dan telah dinikmati oleh masyarakat.

Tak hanya itu, DPRD juga akan menyampaikan aspirasi ke pemerintah pusat melalui kementerian dan lembaga terkait, khususnya pada bidang infrastruktur guna mendukung peningkatan infrastruktur daerah yang terarah, termasuk mendukung upaya industrialisasi di Maluku.

“Bukan hanya itu, aspirasi kita sudah harus sampai ke pempus, untuk mendukung infrastruktur daerah serta industrialisasi di daerah kita,” ucapnya.

Baca Juga: Kunker di Masohi, Ini Pesan Rahawarin bagi Masyarakat Maluku

Selain itu, DPRD juga akan memutuskan sejumlah perda hak inisiatif dewan, yang sudah selesai dibahas di tingkat komisi, dan pansus untuk dituntaskan menjadi payung hukum bagi setiap kebijakan, yang nantinya diambil oleh Pemprov Maluku. (S-50)