AMBON, Siwalimanews – Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku melalui Bidang PBP2HP, menggelar pelatihan diversifikasi olahan hasil perikanan atau teknik pengolahan prodak perikanan.

Kegiatan yang dipusatkan di ruang serbaguna Mutiara Hotel di Kota Bula, Kabupaten SBT, Kamis (15/6) itu, dibuka oleh Ketua TP PKK Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad Ismail.

Widya di sela-sela kegiatan itu mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk  meningkatkan pengetahuan, keterampilan dalam melakukan diversifikasi produk hasil perikanan untuk membangun ekonomi keluarga.

Mengingat Maluku merupakan provinsi kepulauan yang memiliki luas wilayah 712.479,65 km2 yang terdiri dari luas lautan 658.294,69 km2 (92,4%) dan luas daratan 54.185 km2 (7,60%) dengan potensi sumber daya ikan sebesar 4,6 juta ton per tahun atau 36,7 persen dari potensi nasional pada ketiga wilayah pengelolaan perikanan (WPP), yaitu WPP 714 (Laut Banda), WPP 715 (Laut Seram, Teluk Tomini), dan WPP 718 (Laut Arafura).

Selain itu Maluku juga memiliki potensi lahan untuk pengembangan budidaya perikanan di laut seluas 183.000 Ha. Dengan besarnya potensi yang dimiliki tersebut, tidak akan maksimal, jika tidak diimbangi dengan pelatihan dan pendampingan mengenai teknik pengolahan produk perikanan.

Baca Juga: Kompol Reawaruw Jabat Kabag Ren Polresta Ambon

“Karena dengan teknik pengolahan yang baik dan benar, tentu saja akan berpengaruh terhadap respon pasar. Begitu pun, pengembangan hasil olahan perikanan tidak hanya memperhatikan rasa atau minat dari konsumen, tetapi juga mutu dan gizi yang terkandung didalamnya, sehingga tak jarang bahwa produk yang dideversifikasikan memiliki nilai tambah pada produk olahannya, sehingga dalam melakukan inovasi pengolahan hasil perikanan,”jelasnya. (Mg-1)