Ambon, Siwalima – Ditengah hujan yang mengguyur Kota Ambon pada Senin (13/6) malam lalu, ada aksi spontan yang dilakukan seorang anggota TNI di Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon. Aksinya itu mengundang haru warga sekitar.

Salah satu anggota TNI AD, terlihat menggendong seorang nenek dari kursi roda yang hendak menaiki KM Tidar.

Petrus Emanuel Temorubun pria yang mnenyaksikasikan aksi anggota TNI yang belakangan diketahui bernama Praka Fandry Nukuwe, prajurit Kodam XVI/ Pattimura yang sehari- hari berdinas di Denhubrem 151/ Binaiya tersebut kepada Siwalimanews menuturkan, saat mengantri untuk menaiki kapal, terlihat rombongan anggota TNI yang kemungkinan hendak mengantar keluarga mereka.

Kemudian pada rombongan lainnya, terlihat seorang nenek yang didorong keluarganya menggunakan kursi roda dalam kondisi hujan lebat.

Karena kondisi hujan, dan nenek tersebut harus menaiki kapal, spontan anggota TNI tersebut menawarkan jasanya untuk membantu menggendong sang nenek untuk diantar ke kapal.

Baca Juga: Dua Kelompok Mahasiswa Unpatti Terlibat Bentrok

“Beta (saya) lihat dia gendong nenek itu, ada satu porter yang bantu payungi. Sementara keluarga yang tadi antar, ikut dari belakang bawa barang sama kursi roda,” ungkap Petrus dengan dialeg ambon yang kental.

Dari peristiwa haru itu, pemuda itu mengatakan, bahwa itu adalah hal- hal sederhana yang menyentuh hati, dan patut diacungin jempol.

Menurutnya, aksi spontan anggota TNI yang telah membantu warga itu, merupakan pengamalan dari 8 wajib TNI, yaitu mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya, sekaligus mencerminkan prajurit Kodam XVI Pattimura telah mengimplementasikan program Mutiara Pattimura yang digagas oleh Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon.

“Beta mewakili masyarakat mengucapkan dangke vor bung Fandry Tukane yang sudah membantu warga. Tuhan memberkati. Dan selaku masyarakat kita berharap, semakin banyak lagi anggota TNI yang mau membantu warga saat dibutuhkan seperti ini,” ucapnya.(Mg-1)