AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 381 calon anggota Bawaslu Provinsi Maluku, se-kabupaten/kota mengikuti tes psikologi yang diselenggarakan Bawasalu bekerjsama dengan Polda Maluku. Tes yang digelar secara manual dan melalui sistim computer assisted test atau CAT ini berlangsung di laboratorium komputer SMAN 2 dan SMKN 3 Ambon.

“Para peserta ini terbagi dalam zona 1 dan zona 2. Untuk zona 1 di SMK 3, dan zona 2 di SMA 2. Tes ini telah dilaksanakan sejak, Selasa (4/7) kemarin,” jelas Ketua Panitia Pelaksana Tes Psikologi yang juga Karo SDM Polda Maluku, Kombes  Bony JS Sirait kepada wartawan di Mapolda Maluku, Rabu (5/7).

Pelaksanaan tes ini kata Kombes Sirait, diawasi oleh panitia dari Bagian Psikologi Biro SDM, dan pengawas internal Polda Maluku yakni Itwasda dan Propam serta Bawaslu Provinsi Maluku.

“Pelaksanaan tes ini diselenggarakan Bawaslu Maluku bekerjasama dengan Bagian Psikologi Biro SDM Polda Maluku. Kerjasama dilakukan setelah adanya nota kesepahaman bersama antara Bawaslu RI dan SDM Polri,” ungkap Kombes Sirait.

Menurutnya, seleksi penerimaan anggota Bawaslu kabupaten/kota yang memasuki tahapan tes psikologi, berlangsung secara serentak di Indonesia. Selaku pelaksana di daerah, khususnya Maluku, tes ini akan dijalankan sesuai aturan yang berlaku.

Baca Juga: Walikota Sesalkan Tindakan Staf PT BPT

“Tes ini kita laksanakan secara transparan dan serentak di seluruh Indonesia,” tandas Kombes Sirait.(S-10)