AMBON, Siwalimanews – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Maluku membagikan 2,5 ton ikan tuna dan cakalang disertai masker gratis gratis kepada masyarakat di tiga kelurahan di Kota Ambon.

Pembagian ikan dan masker ini diperuntukan bagi masyarakat yang terdampak Covid-19, khususnya warga muslim yang akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

“Total yang kita bagikan kepada masyarakat ikan tuna dan cakalang sebanyak 2,5 ton disertai ribuan masker,” ujar Kadis Kelautan dan Perikanan Maluku, Abdul Haris kepada wartawan disela-sela pembagian ikan gratis di Kawasan Pohon Mangga, Keluarahan Nusaniwe, Kecamatan Nusaniwe, Jumat (22/5).

Dikatakan, tiga kelurahan yang mendapatkan jatah pembagian ikan dan masker gratis ini adalah Kelurahan Nusaniwe, Kelurahan Waihaong dan Kelurahan Tihu tepatnya di Dusun Taeno, Desa Rumatiga, Kecamatan Teluk Ambon.

Di kawasan Pohon Mangga, pembagian ikan tuna dan cakalang kurang lebih 500 ekor dan 300 masker. Sedangkan di Kelurahan Tihu, Dusun Taeno sebanyak 400 ekor ikan sementara Kelurahan Waihaong 600 ekor dan 350 masker.

Baca Juga: Brimob Maluku Salurkan Bantuan ke Masyarakat

“Ini memang tidak sebanding tetapi kami dari dinas mencoba berbagi kepada masyarakat yang terdampak Covid-19,” ujarnya.

Dijelaskan, setiap menjelang perayaan hari besar keagamaan, DKP selalu mengelar pasar murah ikan kepada masyarakat.

Ikan-ikan yang disediakan dibeli terlebih dahulu dari nelayan dan pembidudaya.

“Ikan yang kami beli kami jual kembali kepada masyarakat pada saat menjelang hari besar keagamaan seperti Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru. Tahun ini di masa pandemi tentunya kita tidak mungkin melakukankan pasar murah, jadi kita bagikan secara gratis,” jelasnya.

Ia berharap, dengan pembagian ikan ini juga, mudah-mudahan bisa membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 agar dapat merayakan Idul Fitri yang dengan ketersediaan makanan, terutama ikan.

Pasalnya, disaat pandemi, harus komusmi ikan yang banyak agar  sehat dan dapat meningkatkan imunitas tubuh. Sebelum melakukan pembagian, pihaknya sudah melalukan koordinasi dengan pihak kelurahan untuk mendata warga guna mendapatkan ikan secara gratis.

“Teknisnya kita lakukan koordinasi dengan pihak kelurahan untuk data jumlah warganya dan diharuskan bagi warga yang selama ini tidak mendapatkan bantuan dari pihak lain. Jangan sampai dobel, kita upayakan yang belum dapat kita berikan,” tandasnya. (S-39)