AMBON, Siwalimanews – Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon Robby Sapulette minta kepada pimpinan PT Urimeseng untuk transparan soal setoran parkir, di depan DPRD saat rapat dengar pendapat bersama Komisi III nantinya.

“Rapat esok itu nantinya berkaitan dengan adanya keluhan dari juru parkir berkaitan dengan setoran-setoran kepada pihak ketiga. Sesuai dengan kewenangan Dishub Kota Ambon, maka proses selanjutnya mungkin nanti pihak PT Urimessing akan jelaskan hal tersebut di depan komisi,” ungkap Sapullete kepada Siwalimanews di Baleo Rakyat Belakang Soya usai rapat dengar pendapat bersama komisi III, Selasa (8/6).

Menurutnya, kenaikan tarif parkir ini juga merupakan salah satu rekomendasi dari DPRD Kota Ambon. Pasalnya, kota ini adalah kota jasa, kita tidak mempunyai penerimaan daerah yang bersumber dari sumber daya alam. Jadi bagaimana kita optimalisasi dari sektor jasa untuk meningkatkan penerimaan daerah,” ucapanya.

Selain itu kata dia, yang paling penting adalah manajemen parkir serta bagaimana mengatur sirkulasi parkiran dengan baik. Untuk masalah restribusi adalah hal kedua bukan hal yang utama.

“Hal yang utama ialah menata perparkiran bukan retribusi,” ucap Sapulette.

Baca Juga: Bongkar Kasus di Dinas LHP, Kajari Diberi Apresiasi

Ditanya soal pelaksanaan pelatihan jukir, Sapulette mengaku, dalam tahun ini akan juga tetap akan dilaksanakan.

“Para jukir nantinya akan dilatih, nanti kit lLihat karena anggarnnya dari APBD cuma Rp 90 juta. Para jukir ini akan dilatih oleh Dishub dan kemudian jukir akan diberikan sertifikat,” jelasnya.

Ia berharap, para jukir ini berkerja dengan profesional, dengan demikian tentu akan mempengaruhi penerimaan mereka. (S-51)