AMBON, Siwalimanews –  Pemerintah Kota Ambon memastikan stok kebutuhan pokok di Kota Ambon masih cukup tersedia hingga usai perayaan Idul Fitri 1442 Hijryah.

Stok kebutuhan pokok yang cukup tersedia sampai saat ini yakni, gula pasir, beras hingga telur serta kebutuhan lainnya.

“Tim Pengendalian Inflasi Daerah  Kota Ambon, telah melakukan rapat koordinasi untuk antisipasi kenaikan harga komoditi jelang Lebaran tahun ini dan dari hasil rapat disampaikan semua harga komoditi pangan masih bisa dikendalikan dan cukup tersedia,” ungkap Sekot Ambon, AG Latuheru kepada wartawan di Balai Kota, Rabu (28/4).

Selain ketersediaan stok kata sekot, harga komoditi pangan juga masih bisa dikendalikan dimana harga sayur masih terjangkau, begitu juga dengan ikan, telur, dan daging.

“Terkendalinya harga komoditi pangan juga dipengaruhi faktor larangan kegiatan buka puasa secara massal oleh pemerintah,” ucap sekot.

Baca Juga: Warga Dobo Mulai Jalani Vaksinasi

Menurutnya, pemkot melalui Disperindag juga telah memperingatkan semua distributor bahan pangan untuk tidak menimbun barang digudang, namun harus turut serta berpartisipasi dalam kegiatan pasar murah yang dilaksanakan pemkot guna pengendalian inflasi.

Sekot juga minta masyarakat untuk mengelola ekspektasi dengan tidak berlebihan dalam berbelanja barang kebutuhan, namun dilakukan tergantung dari kemampuan finansial masing-masing.

“Antisipasi ketersediaan pangan terus kita intensifkan hingga H-4 sebelum Idul Fitri, karena permintaan akan melonjak terutama untuk daging sapi maupun Ayam,” ucapnya

Pada kesempatan itu sekot juga menghimbau, kepada para pelaku usaha untuk tidak terlambat dalam pembayaran THR kepada karyawan, karena jika terlambat dibayar dipastikan akan terjadi penumpukan masyarakat yang berbelanja di pasar. (S-51)