AMBON, Siwalimanews – Walaupun diguyur hujan deras, namun tidak mengurangi semangat ribuan umat muslim melakukan sholat Idul Adha 1443 Hijriah di Masjid Raya Al-fatah, Minggu (10/7) pagi.

Pantauan Siwalima, ribuan umat muslim mulai mendatangi masjid Raya Al-fatah untuk melakukan sholat Idul Adha sejak pukul 06.30 WIT, dan langsung memasuki ruangan masjid untuk melakukan sholat.

Dalam ibadah sholat Idul Adha 1444 Hijriah/2022 masehi ini, bertindak sebagai imam yakni Imam Besar Masjid Al-fatah R R Hasanusi, sedangkan untuk Khatib Muham­mad Hata Ingratubun.

Khatib dalam khotbahnya me­nekankan agar seluruh umat muslim di Maluku dan khususnya Kota Ambon, harus memaknai hari raya Idul Adha 1443 Hijriah sebagai hari yang penuh nikmat dari yang Maha Kuasa Allah

“Dihari yang suci ini seluruh umat muslim harus memaknai Idul Adha 1443 Hijriah sebagai nikmat yang diberikan oleh Allah dan mesti di syukuri,” ujarnya.

Baca Juga: Sempat Tertunda, AKD DPRD Ditetapkan

Umat muslim kata Ingratubun, harus meneladani kehidupan Nabi Ibrahim yang taat menjalankan perintah Allah SWT dengan me­ngorbankan putranya Nabi Ismail, yang kemudian digantikan dengan seekor hewan ternak oleh Allah SWT sebagai wujud ketaatan Nabi Ibrahim.

Dengan adanya hari raya Idul Adha 1443 ini, dia berharap seluruh umat muslim tetap teguh dalam menjalankan setiap perintah yang diberikan oleh Allah SWT, dan siap untuk mengor­bankan hidupnya untuk Allah SWT.

Sementara itu, Imam Besar Masjid Raya Al-fatah R R Hasanusi menga­takan, usai sholat Idul Adha pulu­han hewan kurban baik sapi mau­pun kambing yang telah tersedia dihalaman masjid akan dipotong.

Daging hewan kurban itu, kata Hasanusi akan dibagikan kepada umat muslim di Kota Ambon yang membutuhkan sebagai wujud dari rasa syukur kepada Allah SWT.

Bersama Masyarakat

Keluarga besar Kodam XVI/Patti­mura,  merayakan Idul Adha 1443 H, bersama masyarakat.

Bertempat di Masjid Al-Ijtihad, Kodam XVI/Pattimura di Ambon, pihak Kodam menggelar sholat Ied bersama masyarakat, pada Minggu (10/7) pagi.

Setelah melaksanakan sholat, dilokasi tersebut, juga dilakukan penyembelihan hewan kurban.

Adapun jumlah hewan kurban yang disembelih hari pertama perayaan Idul Adha, adalah 9 ekor sapi dan 4 ekor kambing yang berasal dari Pangdam dan pejabat- pejabat Kodam, maupun warga masyarakat yang dititipkan kepada panitia kurban Kodam.

Dalam amanat Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon yang dibacakan oleh Kasdam, Brigjen TNI. Asep Abdu­rach­man menuturkan, bahwa momen kebersamaan antara kodam dan masyarakat ini, sebagai sarana sila­turahmi.

“Jadikan Idul Adha 1443 H ini se­bagai momentum mempererat sila­turahmi dan berbagi kepada masya­rakat. Dan bagi seluruh keluarga besar Kodam XVI/Pattimura, agar memaknai momen ini sebagai sebuah kebersamaan,”tuturnya.

Mengawali pemotongan hewan kurban, Kasdam menyerahkan secara simbolis, satu ekor sapi yang diterima Ketua panitia kurban, Kolonel Inf. Jocky Pesulima, Kabin­taljarahdam untuk dilakukan pe­nyem­belihan. Kemudian Kasdam juga menyerahkan satu ekor sapi kurban kepada pihak MUI Maluku, dan diterima oleh Ustad Abdul Manan Latuconsina selaku Sekre­taris MUI Maluku.

Terkait dengan itu, Kapendam XVI/ Pattimura, Kolonel Arh Adi Prayogo mengatakan, kurban akan dibagikan kepada 1.000 lebih ma­syarakat kurang mampu dibeberapa tempat.

“Kurban akan diberikan kepada masyarakat sekitar Masjid, masya­rakat kurang mampu, masyarakat dari beberapa wilayah di Kota Ambon, dan beberapa pondok pesan­tren yang totalnya ada lebih dari 1.000 orang yang menerima hewan kurban ini,”jelasnya. (S-20/S-25)