DOBO, Siwalimanews – Pencegahan penyebaran virus Corona masuk ke wilayah Kabupaten Kepulauan Aru, Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Siwalima melakukan kerja sama dengan pihak Bandara Rar Gwamar Dobo melakukan screening kepada setiap penumpang yang masuk bandara dan terminal.

Dokter Puskesmas Siwalima, Karina Wirajaya kepada wartawan, Sabtu (7/3) mengatakan, penumpang yang datang dilakukan pemeriksaan, terutama penumpang yang mengalami sakit demam tinggi dan dicurigai terserang virus Corona.

“Pencegahan penyakit yang bersumber dari virus, kami bekerjasama dengan pihak bandara  terkait dengan pintu masuk penumpang,” ungkapnya.

Menurut Karina, guna memastikan penumpang itu mengidap virus Corona atau tidak, penting dilakukan pemeriksaan intensif agar tidak terjadi penyebaran virus itu.

Lanjut dikatakan, sejak diberikan surat edaran oleh Kementerian Kesehatan terkait antisipasi penyebaran virus Corona ke Indonesia, hingga saat ini di wilayah Kabupaten Kepulauan Aru belum ditemukan adanya penumpang maupun masyarakat yang terdeteksi terjangkit virus tersebut.

Baca Juga: Kapolda Kunjungi Anggota Brimob Korban Pembacokan

“Puji Tuhan, sejak adanya informasi tentang virus Corona kami terus lakukan pantauan dan tidak ditemukan adanya penumpang yang terdeteksi terjangkit virus tersebut,” ujar Karina.

“Kegiatan yang dilakukannya atas dasar instruksi dari Dinas Kesehatan setempat karena sebelumnya sudah dilakukan pertemuan dengan pemerintah daerah dalam hal ini bapak Bupati Kepulauan Aru, Johan Gonga,”tambahnya.

Atas instruksi tersebut, lanjut dia, maka hari Kamis (5/3), PKM Siwalima bersama Puskemas Dobo langsung melakukan screening penumpang di Bandara dan PKM Siwalima sendiri yang turun.

“Kita terus mengontrol para penumpang di bandara serta melaporkan setiap hari kepada pimpinan,” jelas Karina.

Dihimbau kepada masyarakat Kabupaten Kepulauan Aru agar tidak segan-segan memeriksakan anggota keluarganya yang mengalami demam tinggi ke tempat layanan kesehatan terdekat guna memastikan terjangkit virus Corona atau tidak.

Ia juga menambahkan, ketahanan tubuh masyarakat harus dijaga agar tidak mudah terserang virus tersebut.