BUPATI Seram Bagian Timur Mukti Keliobas menghadiri dan sekaligus peletakan batu pertama pembangunan gedung kantor Pengadilan Negeri Daratan Hunimua, yang di berlangsung Pantai Gumumae, Desa Kampung Gorom, Kecamatan Bula,  Jumat (29/9).

Bupati Seram Bagian Timur dalam sambutannya menyampaikan, atas nama jajaran Pemerintah Daerah dan seluruh warga masyarakat di daerah ini untuk menyampaikan apresiasi yang tinggi atas niat yang luar biasa baik dari Mahkamah Agung dan ketua Pengadilan Tinggi Ambon sehingga masyarakat mau mencari keadilan di kabupaten yang bertajuk Ita Wotu Nusa sudah bisa menikmati pelayanan yang maksimal.

“Seperti yang tadi disampaikan oleh ketua Pengadilan Negeri Dataran Hunimua bahwa yang selama ini gedung yang disiapkan oleh Pemerintah Daerah dan untuk mempermudah pelayanan kelihatannya belum maksimal, sementara kasus di Seram Bagian Timur ini cukup banyak,” ungkap bupati.

Bupati mengaku, kadang-kadang dirinya mendatangi kantor Pengadilan Negeri Dataran Hunimua gedung dan ruangan begitu terbatas, sehingga pelayanan bisa saja tumpang tindih juga.

“Tapi syukur alhamdulillah dengan niatkan gedung ini lah, kemudian hari ini kita sudah bisa menyaksikan momentum peletakan batu pertama pembangunan gedung Pengadilan Negeri Daratan Hunimua,” ungkap bupati.

Baca Juga: Command Center Balai Kota Didatangi Tim BIG

Bupati menjelaskan, Kota Bula, Kabupaten SBT ini sebenarnya adalah kota penyelenggara pemerintah sementera.

“Sesuai syarat undang-undang nomor 40 tahun 2003, bahwa pembangunan Kabupaten Seram Bagian Timur di dataran Hunimua,” kata bupati.

Lebih lanjut bupati mengaku, dan jarak tempuh dari kota Bula itu sekitar dua jam lebih sampai di Ibu kota defenitif. “Tapi setelah kita melihat kondisi pembangunan, Infrastruktur, terutama kantor administrasi pemerintahan ini hampir lengkap semua disini. Itu sehingga membuat kita harus berdiskusi kembali untuk yang terbaik seperti apa,” tandas bupati.

Bupati juga menyampaikan terima kasih sekali pak ketua Pengadilan Tinggi, dalam waktu yang begitu jauh, tapi masih sem­-pat datang bersama warga mas­-yarakat di Seram Bagian Timur.

“Tidak banyak hal yang kami berikan kepada pak ketua pengadilan tinggi, kami hanya bisa mendoakan mudah-mudahan pak ketua dan keluarga bisa melaksanakan tugas di Maluku dengan baik dan di permudahkan dalam urusan,” tandas bupati.

Menurut bupati, dan Insa Allah kita mendoakan mudah- mudahan ketua pengadilan, bukan sampai di pengadilan tinggi saja. Tapi mudah- mudahan Allah memberikan kepercayaan pak ketua bisa mendapatkan jabatan yang strategis, bukan saja di Maluku tapi di Jakarta.(S-27)