AMBON, Siwalimanews – Untuk memberikan rasa aman bagi tenaga medis di, maka personil  Satuan Brimob Polda Maluku saat ini melakukan pengamanan di RSUD dr M Haulussy Ambon serta sejumlah lokasi karantina pasien Covid-19.

Komendan Satuan Brimob Polda Maluku Kombes Pol M Guntur kepada wartawan menjelaskan, pengamanan yang dilakukan anggota Brimob di RSUD Hualussy dilakukan sebagai implementasi dari program prioritas Kapolri Jenderal Idham Azis tentang pemantapan Harkamtibmas.

“Ini implementasi dari program prioritas Kapolri Jenderal Idham Azis tentang pemantapan Harkamtibmas, yang mana saat ini sedang menghadapi masa pandemi Covid-19,” jelas Dansat kepada wartawan di Mako Brimob Maluku, Rabu (8/7).

Sementara itu, padal pengamanan di RSUD Iptu F Patinasarani mengaku, kegiatan pengamanan tersebut dilaksanakan sesuai dengan instruksi langsung dari Dansat Brimob Polda maluku untuk melaksanakan pengamanan di Rumah Sakit dan rumah singgah yang menangani pasien covid-19.

“Seperti yang sudah kita ketahui, adanya beberapa kejadian di wilayah lain tentang pasien covid-19 yang diambil paksa oleh pihak keluarga, maka dari itu kami dari Brimob Maluku melakukan pengamanan,” tandas Pattinasarani.

Baca Juga: Penyebaran Covid di Malteng Mulai Berkurang

Dijelaskan, personel yang terlibat pengamanan ini, akan mengedepankan upaya-upaya preventif dengan sikap yang humanis dalam pelaksanaan tugasnya, namun bilamana upaya tersebut tidak diindahkan, maka personil yang bertugas akan melakukan tindakan tegas dan terukur.

“Apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di tempat pelaksanaan pengamanan, saya perintahkan personel untuk segera melaporkan guna dilakukan tindakan-tindakan hukum yang sesuai dengan aturan,” tandasnya.

Komandan Kompi 4 Batalyon A Pelopor Iptu W. Sapsuha menambahkan, kegiatan pengamanan tersebut bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada tenaga medis baik yang bekerja di rumah sakit maupun di lokasi karantina.

“Saya juga telah berpesan kepada setiap personel yang bertugas agar tetap memperhatikan keselamatan dirinya dan lakukan tugas sesuai dengan SOP serta menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari virus corona,” ujarnya. (S-45)