AMBON, Siwalimanews – Anggota Komisi III DPRD Provinsi Maluku, Fauzan Husni Alkatiri mengingatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Maluku untuk optimalkan anggaran bencana yang ada.

Penegasan ini disampaikan Alkatiri kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Jumat (9/7) menanggapi masih adanya kerusakan akibat bencana yang hingga saat ini belum ditangani oleh BPBD Maluku.

“Perhatian khusus, saya berikan kepada BPBD untuk melihat semua kerusakan akibat bencana yang belum diselesaikan, atau bahkan ada yang belum sempat ditinjau,” ungkap Alkatiri.

Menurutnya, BPBD seharusnya berpihak terhadap bencana yang terjadi, dibandingkan OPD-OPD lain yang tidak dibiayai oleh negara untuk mengurus persoalan bencana.

Padahal, anggaran yang begitu besar telah dialokasikan pemerintah selama ini, tetapi hal-hal sepele seperti ini tidak menjadi perhatian serius.

Baca Juga: Bandara Pattimura Siapkan Sentra Vaksinasi Covid-19

“Artinya anggaran bencana yang selama ini dialokasikan oleh pemerintah itu diapakan, jika hal-hal sepele seperti ini tidak jadi perhatian,” tanya Alkatiri.

Ditegaskan, semua anggaran yang dialokasikan pemerintah untuk penanggulangan bencana mesti dioptimalkan agar dirasakan oleh masyarakat.

Karena itu, kedepannya diharapkan BPBD Maluku lebih memperhatikan korban kerugian akibat bencana, sehingga kejadian seperti ini tidak terulang kembali.(S-50)