AMBON, Siwalimanews – Menindaklanjuti keluhan pedagang soal luapan tinja dari WC umum yang berada di kawasan Terminal Mardika Ambon, terutama pada drainase di terminal A1, maka Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena yang dikonfirmasi Siwalimanews, langsung memerintahkan OPD terkait untuk menyedot tinja tersebut.

Padahal, pedagang mengaku persoalan ini sebelumnya telah dilaporkan ke OPD teknis sebagai pengelola terminal, namun tidak pernah ditindaklanjuti.

“Saya sudah sampaikan ke OPD-OPD teknis, baik itu Disperindag, PUPR, dan Dishub segera tindaka lanjut. Katanya mereka (pedagang) sudah pernah minta untuk disedot, tapi tak pernah digubris, sekarang mereka sudah turun,” ujarnya.

Walikota mengaku, WC umum itu dikelola oleh pihak ketiga, dan bukan oleh OPD. Namun dirinya belum mengetahui siapa pengelolanya.

“Nanti dicek ke OPD teknis siapa yang mengelola fasilitas terminal (WC) itu, kalau disampaikan Dishub juga ambil uang tagihan-tagihan dari WC umum itu, maka perlu dipertanyakan ke mereka. Kalau itu pungli laporkan ke polisi,” tandas walikota.

Baca Juga: Disperindag Sidak ke SPBU Masohi

Untuk diketahui, tidak hanya tinja yang disedot, air dan kotoran tinja dalam saluran drainase yang ada di kawasan tersebut juga disedot dan dibersihkan oleh petugas.(S-25)