AMBON, Siwalimanews –  Kendati muncul sebagai pendatang baru dalam kontestasi politik, namun Partai Buruh di Maluku optimis akan mengirim wakil mereka untuk duduk di kursi DPRD provinsi.

“DPW Partai Buruh secara resmi telah menyerahkan bakal calon DPRD provinsi lengkap di semua dapil,” ujar Wakil Ketua Exco Partai Buruh Maluku Ruben Setiawan kepada wartawan di Ambon, Senin (15/5).

Target ini, kata Setiawan sangatlah rasional, sebab jajaran struktur partai selama beberapa waktu belakangan telah bekerja dengan baik untuk menghasilkan satu kursi pada setiap daerah pemilihan

Menurutnya, bakal calon anggota DPRD Maluku yang diusulkan DPW diyakini memiliki kekuatan elektoral untuk meningkatkan suara pada pemilihan umum serentak 2024. Selain sebagian besar bacaleg didominasi oleh kaum milenial yang tentunya memiliki kemampuan dan kualitas untuk memperjuangkan setiap aspirasi masyarakat, sehingga tidak kalah bersaing dengan bakal calon yang diusung oleh partai lain.

Partai Buruh juga mendorong keterlibatan partisipasi perempuan dalam kontestasi pemilu serentak sesuai dengan ketentuan 30 persen pada setiap dapil, artinya partai ini tetap mengedepankan peran perempuan dalam pembangunan bangsa.

Baca Juga: Tethool: Infrastruktur di Malra & Tual Butuh Intevensi Pemerintah

Setiawan juga memberikan apresiasi penuh kepada KPU dan Bawaslu Maluku yang telah menjalankan tugas dengan baik, sehingga berkas pendaftaran Partai Buruh telah diterima, walaupun dimenit-menit terakhir menjelang penutupan pendaftaran.

KPU dan Bawaslu telah menjalankan tugas dan tanggungjawab sebagaimana diamanatkan oleh peraturan perundangan, karenanya Partai Buruh siap untuk mengikuti tahapan verifikasi administrasi hingga penetapan calon sementara anggota DPRD provinsi nantinya.

“Terima kasih kepada KPU dan Bawaslu karena sudah menerima dokumen yang kami masukan, sehingga akhirnya Partai Buruh dinyatakan diterima,” ucapnya.(S-20)