AMBON, Siwalimanews – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Ambon menghimbau kepada warga kota khususnya yang tinggal di bantaran kali dan lereng bukit untuk mewaspadai bencana banjir dan tanah longsor, menyusul hujan yang masih terus melanda kota ini.

Pasalnya akibat hujan yang turun dnegan intensitas yang tinggi sejak Kamis (11/5) hingga saat ini mengakibatkan terjadinya tanah longsor di 38 titik.

“Kami menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap kondisi alam, karena kita sudah masuk musim penghujan. Ini baru bulan Mei, karena biasanya puncak hujannya itu berada di bulan Juni sampai Juli mendatang,” himbau Sekertaris BPBD Kota Ambon Eva Tuhamury, kepada Siwalimanews, di Balai Kota, Senin (15/5).

Sementara menyangkut dengan lokasi-loaksi atau titik longsoran kata Tuhumury, pihaknya bersama dengan beberapa OPD terkait saat ini sementara berupaya melakukan penanganan, salah satunya longsoran badan jalan di negeri Kilang DAN DRAINASE DI KAWASAN Karang Panjang, pihak Dinas PU sudah melakukan perbaikan secara darurat.

Sementara bantuan bagi para korban juga sudah ditangani, dimana tekah disalurkan bantuan tanggfap darurat berupa, karung untuk pembuatan tanggul sementera penahanan banjir. Untuk bantuan logistik juga sudah disalurkan, begitupun bantuan berupa makanan siap saji telah disalurkan oleh Dinas Sosial kepada para korban.

Baca Juga: Pemprov  Diminta Alokasikan Anggaran Pemilu

“BPBD sendiri langsung turun ke lapangan dan berikan bantuan kepada masyarakat. Hal ini sesuai dengan informasi yang warga sampaikan lewat aplikasi e -lapor, maupun dilaporkan secara langsung melalui ketua RT/RW bahkan dari lurah,” ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya minta warga tetap waspada dan perhatikan lingkungan disekitar tempat tinggal. Jika berisiko terkana banjir, segera lakukan upaya – upaya untuk bisa meminimalisir terjadinya bencana yang lebih besar.(Mg-1)