MASOHI, Siwalimanews – Dinas Perindusterian dan Perdagangan melalui Bidang Kemeterologian melaukan inspeksi mendadak ke Station Pengisian Bahan Bakar Umum Masohi, Selasa (5/12).

Kepala Bidang Kemeteorologian pada Disperindag Maluku Tengah, Dedy Lantuconsina memimpin langsung sidak di SPBU Masohi yang berada di Kelurahan Namasina, Kecamatan kota Masohi itu guna mengawasi pompa ukur BBM pada SBPU tersebut.

Kepada Siwalimanews, Latuconsina menyebutkan, sidak yang digelar pihaknya itu, mengacu pada instruksi Direktur Metrologi Kementerian Perdagangan RI sebagi upaya peningkatan pengamatan, pengawasan dan pemantauan metrologi legal menjelang Natal dan Tahun Baru 2024.

“Pada momentum tertentu seperti menjelang lebaran atau Nataru, konsumsi BBM biasanya meningkat. Oleh karena itu, pengawasan diperlukan untuk memastikan bahwa UTTP yang digunakan sudah tepat ukuran,” jelasnya.

Selain pengawasan, kegiatan itu dilakukan untuk memberikan sosialisasi program 3M (Masyarakat Melek Metrologi) dengan penempelan stiker dan banner 3M di seluruh SPBU yang ada di kota Masohi dan sekitarnya.

Baca Juga: Pattiasina Desak Pemprov Selesaikan Hutang RSUD Haulussy

“Tujuannya untuk mengenalkan metrologi kepada masyarakat dan mengajak masyarakat untuk menjadi konsumen cerdas dengan mengenali tanda tera sah pada UTTP yang digunakan untuk bertransaksi,” ungkapnya.

Latuconsina mengaku, teknik  pengecekan dilakukan dengan mengukur takaran pompa ukur BBM. Upaya itu dipusatkan di SPBU Kota Masohi dan Desa Amahai, dengan target waktu di sepanjang  Desember 2023.

“Alhamdulillah sampai saat ini SPBU yang kami ukur sesuai takaran pompanya,” ucapnya.

Selain ke SPBU tambah Latuconsina, pihaknya juga melakukan pengawasan UTTP pada Pasar Binaya Masohi.

“Langkah ini dilakukan untuk melindungi konsumen agar ketika membeli suatu produk yang tertera isi bersihnya, konsumen bisa mendapatkan sesuai dengan haknya,” tandasnya.(S-17)