AMBON, Siwalimanews – Areal Terminal Mardika khususnya di terminal A1 terkontaminasi bau tak sedap yang diduga tinja tercampur air yang berada di drainase.

Menurut para pengemudi angkot maupun pedagang di areal terminal A1, kondisi ini sudah berlangsung lama. Hanya saja, baru terlihat jelas saat gerbong drainasse di kawasan itu dibuka oleh Dinas Perhubungan Kota Ambon untuk diperbaiki, pada Selasa (5/12).

Saat drainase tersebut rdibongkar, para pedagang marah, karena saluran drainasse yang berada tepat di depan ruko mereka, sudah tercampur tinja dan menghembuskan bau menyengat.

Seorang pemilik ruko lewat kepada Siwalimanews, minta agar Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena dapat melihat kondisi itu.

“Setiap hari kita harus mencium bau busuk seperti ini. Kondisi ini sudah lama, bahkan saya pernah minta agar septiktank dari WC umum itu disedot, tapi tidak digubris. Akibatnya, hari ini pemerintah silahkan lihat sendiri kotoran di saluran ini,” ujarnya.

Baca Juga: Peringati HUT FKBM, Ini harapan Walikota

Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Ambon Dody Retob, yang dikonfirmasi wartawan mengaku, tidak mengetahui siapa yang mengelolah WC umum tersebut.

Padahal diketahui, WC tersebut bagian dari fasilitas terminal, yang mestinya itu menjadi tanggungjawab Dishub.

“Saya tahunya itu dari ruko-ruko. Saya tidak pernah monitor karena itu gawenya bukan saya punya kerja. Memang mereka setorannya ke Perhubungan, tapi yang kelola itu bukan kami,” ujarnya.

Meski demikian, pihaknya mengaku telah berkoordinasi dengan Satpol PP untuk menindaklanjuti keluhan para pedagang dan pemilik ruko.

Sementara Kadisperindag Kota Ambon Josias P Loppies, bahwa pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dishub dan Dinas PUPR Kota Ambon untuk menindaklanjuti masalah itu.(S-25)