AMBON, Siwalimanews – Menindaklanjuti hasil reses yang dilakukan beberapa waktu lalu, anggota DPRD Provinsi Maluku dapil Kabupaten Seram Bagian Barat, Hatta Hehanussa bakal menggandeng pihak asuransi guna meningkatkan komitemen usaha para pemuda.

“Fokus saya menyangkut pemberdayaan masyarakat, khususnya di kalangan pemuda banyak yang miliki skil dan ketrampilan, tetapi mereka memiliki keterbatasan untuk mengembangkan keterampilan inovasi atau ekonomi kreatif,” ungkap Hehanussa.

Untuk mendorong hal itu maka, ia akan mengkomunikasikan bersama pihak-pihak tertentu, termasuk dengan asuransi dalam melihat fundamental garansi jaminan terhadap usaha kecil, yang nantinya didapatkan oleh para pemuda.

“Yang penting kita komunikasi dengan asuransi dalam rangka melihat fundamental garansi jaminan, terhadap usaha kecil bisa dapatkan atau tidak,” ucapnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan mendorong Dinas Koperasi dan UMKM Maluku guna mencari model pemberdayaan para pemuda agar mendukung kemandirian ekonomi masyarakat Maluku.

Baca Juga: Mobil Minibus Terbalik di Kebun Pisang Warga

Menurutnya, masalah modal merupakan hal penting tetapi yang lebih penting lagi bagaimana membangun komitemen usaha ditengah masyarakat, sebab kadang pemuda memiliki ketrampilan, tetapi pangsa pasar dan faktor lain yang lebih mempengaruhi, akibatnya modal berapapun yang diberikan tidak akan memberikan dampak bagi usaha.

Hal ini berkaitan langsung dengan keberhasilan usaha ketika modal diberikan oleh pemerintah, sebab ketika modal usaha diberikan oleh pemerintah, tetapi tidak dikelola dengan sebuah komitmen yang baik, maka tidak mungkin akan berhasil bagi usaha.

“Pendekatan dalam rangka membangun sebuah komitmen usaha itu penting, dengan menggandeng asuransi dan pemerintah daerah,” tegasnya.(S-50)