AMBON, Siwalimanews – Pohon berukuran besar yang berada di Jalan Sam Ratulangi, tepatnya depan Rumah Kopi Lela, Sabtu (3/7) sekitar pukul 16.00 WIT, tumbang usai hujan yang mengguyur Kota Ambon dalam beberapa hari belakangan ini.

Akibatnya, kawasan itu sempat macet total, karena ranting dan dahan pohon melintang di tengah jalan.

Beruntung tumbangnya pohon itu tidak sampai menimpa sejumlah bangunan tempat usaha, ataupun kendaraan yang terparkir di sekitar tempat kejadian.

Informasi yang dihimpun Siwalimanews di lokasi kejadian menyebutkan, pohon tersebut tumbang secara tiba-tiba, beruntung pada saat itu tidak ada kendaraan yang melintas dibawahnya, namun akibat kejadian itu terjadi kemacetan hampir 1 jam lebih.

Baca Juga: Ruhunussa Janji Mundur dari DPRD Malteng

“Ini tadi macet total, mobil maupun sepeda motor tidak bisa lewat, kita tunggu satu jam lebih dulu setelah pembersihan dilakukan petugas pemadam baru kita bisa jalan,” ucap Asril salah satu pengendara sepeda motor yang melintas di jalan tersebut saat ditemui Siwalimanews.

Sementara itu Wakil Komandan Platon pada Dinas Pemadam Kebakaran Kota Ambon, Ricardo Latupeirissa kepada Siwalimanews disela-sela pembersihan tersebut mengaku, pihaknya menurunkan 13 personel untuk membersihkan batang serta dahan pohon yang menutupi akses jalan.

“Pohon ini tumbang kemungkinan karena hujan beberapa hari ini membuat tanahnya renggang ditambah akarnya juga sudah tua, sehingga terjadi peristiwa ini,” ucapnya.

Saat ini, arus transportasi di kawasan Jalan Sam Ratulangi telah kembali normal, setelah petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran melakukan pembersihan lokasi.

Ditanya apakah selain di Jalan Sam Ratulangi adalagi kejadian seperti ini Latuperissa mengaku, dalam sehari ini terjadi pohon tumbang pada tiga lokasi  yakni di Dusun Larier Dessa Passo.

“Kejadian di Larier ini tepatnya depan Indomaret itu kejadiannya sekitar pukul 09.00 WIT,” ungkapnya.

Kemudian kejadian berikutnya lagi di Dusun Kusu-Kusu, Desa Urimessing pada Pukul 09.30 WIT, ditambah dengan kejadian sore ini di Jalan Sam Ratulangi.

“Karena kejadian ada pada tiga lokasi, maka kita bagi personel, untuk membersihkan dahan ataupun batang pohon yang tumbang,” tandasnya.

Ia berharap, masyarakat dapat berpartisipasi membantu personel damkar membersikan jalan, jika ada terjadi pohon tumbang seperti ini, sehingga akses masyarakat juga tidak terganggu.

“Jangan masyarakat hanya nonton saja ketika terjadi pohon tumbang, tetapi mari kita sama-sama saling bantu untuk bersihkan lokasi dari pohon tumbang seperti ini,” himbaunya. (S-51)