NAMROLE, Siwalimanews – ASN di Lingkup Inspektorat dan Dinas Sosial Buru Selatan menjalani vaksinasi Covid-19, Rabu (2/6).

Proses vaksinasi yang dilakukan di kedua instansi tersebut dipimpin oleh Ketua tim vaksinator dr Ayu Marisa Latuconsina.

Pantauan Siwalimanews sebelum divaksin, para ASN di kedua instansi ini terlebih dahulu menjalani proses screening, dimana baik pegawai tidak tetap maupun ASN ditanya seputer kesehatan mereka, termasuk pemeriksaan tekanan darah.

Jika ada yang memiliki penyakit bawaan atapun sedang melakukan program pengobatan serta memiliki tekanan darah yang tinggi, maka tidak bisa menjalani proses vaksinasi Covid-19.

Dari proses tersebut, didapati sejumlah pegawai yang belum bisa divaksin, dikarenakan belum memenuhi syarat, sebagaimana diatur dalam kriteria seseorang untuk menerima vaksin.

Baca Juga: Walikota Lantik Lima Pejabat Tinggi Pratama

Untuk ASN di lingkup Inspektorat, didapati 12 pegawai yang hadir untuk divaksin, namun hanya 11 pegawai yang memenuhi syarat untuk menerima vaksin. Sedangkan di Dinsos, yang terdaftar hanya 8 orang dan yang lolos screening untuk menerima vaksin hanya 3 orang.

Kadis Sosial Bursel Victor Lesnussa, merupakan salah satu yang belum memenuhi syarat untuk menerima vaksin Covid-19. Walau begitu, ia a sangat pro aktif dengan mendaftarkan dirinya untuk divaksin.

“Sebagai warga negara yang baik, kita harus taat kepada perintah negara,” ucapnya di sela-sela proses vaksinasi.

Informasi yang diperoleh dilokasi, ternyata sebagian pegawai Inspektorat sebelumnya sudah menjalani vaksinasi tahap 1 dan tahap 2, sedangkan dalam proses yang berlangsung tadi, hanya dilakukan kepada para pegawai yang belum sempat divaksin.

Untuk sejumlah pegawai yang telah divaksin, diberikan kartu vaksin kemudian akan divaksin untuk kedua kalinya setelah dua minggu terhitung saat divaksin pertama.

Kegiatan vaksin ini turut mendapat pengawalan ketat dari sejumlah anggota dari Polsek Namrole. (S-35)