AMBON, Siwalimanews – Kota Ambon siap menjadi tuan rumah pelaksanaan Kongres Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia yang akan berlangsung 19-23 Maret mendatang.

Kepastian penyelenggaran Kongres XII GAMKI di Kota Ambon e ini diungkapkan Ketua Panitia Pelaksana Kongres XII GAMKI Lucky Wattimury, kepada wartawan di Sekretariat DPC GAMKI di kompleks Gereja Maranatha, Selasa (24/1).

Menurutnya, sesuai jadwal semestinya pelaksanaan kongres ini diselenggarakan pada tahun 2022 kemarin, namun berdasarkan beberapa pertimbangan antara panitia, DPD GAMKI dan DPP, maka disepakati Kongres XII akan dilaksanakan di tahun ini.

Untuk itu, panitia kata Wattimury, telah melakukan koordinasi dengan semua stakeholder, baik Ketua Sinode, Walikota Ambon dan Sekda Maluku serta akan melakukan koordinasi dengan Gubernur, Kapolda dan Pangdam XVI Pattimura, guna memastikan pelaksanaan kongres dapat berjalan dengan baik.

“Semua upaya terus kita lakukan untuk mematangkan persiapan menuju kongres XII di Kota Ambon, tetapi secara prinsip kita sudah siap untuk menyelenggarakan event ini,” ucap Wattimury.

Baca Juga: Bappenas Harap IPKP Lokpri Jadi Acuan Kebijakan Perencanaan di Kawasan Perbatasan

Kongres XII kata Wattimury, akan dihadiri peserta dari seluruh Indonesia, baik DPC, DPD dan DPP dengan jumlah peserta diprediksikan mencapai 700 peserta, baik peserta biasa maupun peserta luar biasa yang akan didistribusikan di rumah-rumah jemaat ataupun Balai Diklat milik Pemerintah Provinsi Maluku.

“Untuk penempatan peserta di rumah-rumah jemaat, akan dikoordinasikan dengan pimpinan Klasis Pulau Ambon, termasuk pimpinan jemaat – jemaat, mengingatkan peserta yang datang cukup banyak,” ujar Wattimury.

Wattimury menjelaskan, dalam Kongres XII nanti akan dilakukan studi meting selama satu hari, yang akan difokuskan untuk membahas isu-isu lokal seperti, RUU Daerah Kepulauan yang hingga saat ini belum dibahas DPR RI dan juga Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional, sebab dari sisi wilayah sangat mendukung untuk kedua isu ini dibawah ke pemerintah pusat untuk mendapatkan perhatian.

Terkait dengan kehadiran Presiden RI Joko Widodo untuk membuka Kongres XII, sampai dengan saat ini belum ada konfirmasi kepastian kedatangan orang nomor satu ini, tetapi pihaknya telah meminta kepada DPP GAMKI untuk segera melakukan koordinasi guna mendapatkan kepastian.

“Belum ada kepastian kedatangan Presiden, tapi kita sudah minta DPP untuk pastikan kedatangan beliau sebab butuh persiapan yang cukup matang, tetapi saya sudah minta untuk Menteri Agama harus hadir untuk membuka kongres nanti,” tutur Wattimury.

Wattimury berharap, seluruh masyarakat Maluku, khususnya Kota Ambon dapat mendukung penuh kongres ini dengan menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga para peserta kongres akan nyaman selama di Kota Ambon.

Ditempat yang sama Ketua DPC GAMKI Kota Ambon Mayos Picanusa menambahkan, pihaknya sangat mendukung penuh perhelatan event nasional Kongres XII GAMKI dan sebagai tuan dan nyonya rumah, DPC Kota Ambon tetap memberikan yang terbaik.

“Sebagai pimpinan DPC sangat mendukung event nasional yang dilakukan di Kota Ambon, harus mempersiapkan dengan baik, apalagi dengan mengutamakan isu strategis yang ada di daerah untuk ditindaklanjuti oleh pemerintah pusat,” tandas Picanusa.(S-20)