AMBON, Siwalimanews – Kepala Bagian Kesra Pemerintah Kota Ambon Fenly Masawoy mengaku, Pemkot Ambon saat ini telah menyiapkan dana hibah bagi kegiatan-kegiatan sosial keagamaan di kota ini.

Kepada wartawan di Balai Kota, Selasa (24/1) Masawoy mengaku, ada sekitar Rp16 miliar yang disiapkan di tahun ini, sebagai bentuk dana bantuan hibah bagi masyarakat, dalam bentuk kegiatan-kegiatan keagamaan. Angka ini mengalami peningkatan pada pos anggaran dimaksud, karena ada tambahan dari dana aspirasi anggota DPRD yang disalurkan melalui Bagian Kesra.

“Untuk hibah tahun ini, di Bagian Kesra meningkat, karena ada tambahan dari aspirasi anggota DPRD yang memberikan hibah lewat dana aspirasi mereka. Oleh karena itu, tahun ini Kesra punya dana hibah meningkat tinggi, dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya Rp7 miliar,” beber Masawoy.

Ia mengaku, dana hibah yang ada pada Bagian Kesra, lebih banyak diperuntukan untuk kegiatan-kegiatan seperti pembangunan tempat-tempat ibadah, lembaga-lembaga mitra diantaranya Baznas, dan lembaga-lembaga keagamaan, seperti LPTQ, Lasqi, Pesparawi, Pesparani dan juga bagi organisasi-organisasi masyarakat, yang mana khusus untuk organisasi ini, akan ada pertimbangan.

“Artinya yang sudah dapat tahun lalu, tidak bisa dapat tahun ini lagi dan harus berbadan hukum. Itu sesuai Undang-Undang dan juga diatur oleh SK Walikota,” tutur Masawoy.

Baca Juga: Ini Penjelasan BPBD Terkait Perpanjangan Tanggap Darurat

Menurutnya, anggaran ini disiapkan sebagai bentuk perhatian Pemerintah Kota Ambon, dalam hal ini Penjabat Walikota yang menaruh perhatian besar bagi masyarakat melalui bidang-bidang keagamaan.

“Oleh sebab itu, saat ini ada banyak proposal tempat-tempat ibadah yang dari tahun lalu, sudah diakomodir di tahun ini,” ungkap Masawoy. (S-25)