AMBON, Siwalimanews – Kota Ambon berhasil meraih mendapatkan dua kategori terbaik pada malam puncak Anugerah Pesona Indonesia Award edisi ke-8 tahun 2023 yang berlangsung di Plaze Presisi Manise Polda Maluku, Rabu (1/11).

Dari 18 kategori terbaik yang diumukan malam itu, mulai dari makanan tradisional, minuman tradisional, promosi pariwisata digital, brand pariwisata, destinasi belanja, cinderamata terbaik, serta olahraga dan petualangan terbaik, kemudian wisata air, ekowisata terbaik, dataran tinggi terbaik, kampung adat terbaik, situs sejarah terbaik, atraksi budaya, festival budaya, destinasi unik, destinasi baru hingga surga tersembunyi.

Kota Ambon, sukses mendapatkan dua kategori terbaik yakni juara pertama pada makanan tradisional dengan mengusung Sukun Latuhalat dan Laha Mic Diving yang meraih juara kedua wisata air terbaik.

Sukun Latuhalat berhasil jadi yang terbaik mengalahkan sembilan daerah lainnya dengan makanan khas daerah masing-masing seperti Ayam Gholo dari Kabupaten Muna yang menjadi juara ketiga, serta Tumi Lompok Ayam dari Kabupaten Kampar yang menduduki peringkat kedua. Tidak hanya itu, ada juga berbagai makanan khas daerah lainnya yang ikut serta dalam penghargaan API Awards ke 8 tahun 2023.

Tak hanya kota Ambon, Kabupaten Seram Bagian Barat juga berhasil meraih juara kedua dalam kategori Situs Sejarah dengan Situs Kapitan Joncker de Manipa. Selain SBB, Kabupaten Maluku Barat Daya juga berhasil meraih juara pertama dalam kategori dataran tinggi yaitu Taman Meditasi Mukmomor di Pulau Kisar.

Baca Juga: Dosen Poltekkes Maluku Sambangi Jemaat GPM Syaloom

Untuk diketahui malam puncak API Award tersebut dihadiri oleh Gubernur Maluku Murad Ismail, Walikota Ambon, Bodewin M Wattimena, para Bupati dan Walikota dari sejumlah daerah di Indonesia yang masuk nominasi serta pihak Kementrian Perumahan Rakyat dan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.(Mg-3)