AMBON, Siwalimanews –  Anggota Komisi III DPRD Provinsi Maluku Fauzan Husni Alkatiri geram sekaligus memberikan peringatan keras kepada pemerintah provinsi terkait dengan penelantaran sejumlah aset milik daerah.

Padahal aset yang dimiliki daerah merupakan potensi besar bagi peningkatan pendapatan asli daerah, artinya jika Pemerintah Provinsi Maluku mengambil sikap untuk menelantarkan aset-aset ini, maka pemerintah telah menelantarkan potensi PAD.

“Sebut saja aset gedung yang dimiliki Pemda Maluku termasuk kapal, makanya ini akan kita sampaikan ke pimpinan agar kita segera lakukan monitoring kepada beberapa aset yang diterlantarkan,” tegas Alkatiri kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Rabu (8/2).

Pemerintah Provinsi Maluku kata Alkatiri, harus lebih serius dalam memperhatikan setiap aset yang dimiliki daerah ini, dengan ketentuan, jika ada aset yang tidak terurus dan masih dapat dioptimalkan, maka pemerintah provinsi harus melakukan itu.

Ia mengaku, dalam beberapa kesempatan pertemuan bersama Biro Aset memang dilontarkan, bahwa ada aset seperti Kapal Siwalima yang secara usia sudah tidak mampu lagi untuk diperbaiki, sebab membutuhkan biaya yang cukup besar.

Baca Juga: Terkena Dampak Penggusuran, Warga Batu Merah Ngadu ke DPRD

“Memang kita belum turun mengecek langsung situasi di lapangan, tetapi dalam waktu dekat semoga kita bisa melakukan evaluasi terkait aset daerah,” ucap Alkatiri.

Dalam kondisi keuangan daerah seperti saat ini menurut Alkatiri, Pemerintah Provinsi Maluku harus mengoptimalkan aset-aset daerah yang ada, agar mampu menyumbang peningkatan PAD, sehingga dapat menjawab berbagai program dan kegiatan di Maluku, bukannya dibiarkan terbengkalai.(S-20)