AMBON, Siwalimanews – Setelah kurang lebih 9 tahun diper­tahankan oleh mantan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, akhirnya Dirut PDAM, Al­fons Tetelepta leng­ser dan diganti dengan Ri­na Purmiassa

Purmiasa ditunjuk Penjabat Wali­kota Ambon, Bodewin Watti­mena berdasarkan Su­rat Keputusan (SK) Walikota Ambon No­mor SK Walikota No­mor 539 Tahun 2022.

Proses pergantian dan serah terima jabatan (Sertijab) Te­telepta kepada Rina Purmiassa selaku Plt. Direktur PDAM Kota Ambon yang baru, berlangsung di Balai Kota, Senin (1/8).

Penjabat Walikota Ambon, Bode­win Wattimena dalam sambutannya mengatakan, pergantian jabatan ada­lah merupakan bagian dari tugas-tugas pemerintahan yang harus dilakukan.

Kata dia, tugas pemerintahan itu bukan hanya soal administrasi yang sudah menjadi tanggungjawab, tetapi bagaimana bisa menata jalan­nya sebuah proses dimasing-masing OPD ataupun organisasi terkait dengan pemerintah daerah. Dalam hal penataan itu, maka perlu dila­kukan evaluasi terhadap seluruh proses yang berlangsung selama ini, agar dilakukan perbaikan-perbaikan untuk bagaimana meningkatkan efektifitas dan efisiensi dari orga­nisasi itu sendiri.

Baca Juga: Jatuh dari Kapal, Tim SAR Cari ABK KM Makin Sukses

“Untuk PDAM dalam eva­luasi­nya, kita berkesimpulan harus ditata kembali. Kami sudah meninjau langsung ke PDAM, masukan dan lainnya sudah kita terima dalam upaya memperbaiki kinerja di PDAM. Jadi bukan hanya soal kontribusinya. Tapi yang terpenting adalah PDAM bisa melaksanakan fungsi dan tugas dengan baik untuk membantu Pemkot dalam hal me­nyediakan air bersih kepada seluruh warga kota,” ungkap Wattimena.

Dalam rangka itulah, lanjut Watti­mena, dilakukan proses pergantian tersebut.

“Secara teknis pak Tetelepta sangat profesional menguasai. Tapi dilain sisi, beliau juga rangkap jabatan sebagai Direktur PDAM dan juga DSA. Maka dari itu, kita melihat itu akan sulit untuk mengembangkan salah satunya. Karena itu, kita menilai beliau harus lebih fokus ke DSA,”ujar Wattimena.

Tidak lupa, atas nama Pemerintah Kota Ambon, Wattimena juga menyampaikan terima kasih kepada mantan Direktur PDAM tersebut. Dan kepada Plt. Direktur PDAM yang baru, Wattimena meminta agar dalam perbaiki manajemen dan keuangan PDAM, agar dapat berkontribusi bagi PAD Kota Ambon.

“Kepada ibu Rina, ada tang­gungjawab besar yang harus dila­­-kukan. Termasuk harus mem­per­-siapkan penunjukan dewan peng­-awas dan juga direktur definitif yang baru,” katanya. (S-25)