AMBON, Siwalimanews – Dalam rangka revitalisasi pasar Mardika yang prosesnya dilakukan bulan April mendatang, Dinas Perindustrian dan Per­dagangan (Disperindang) akan menarik undian bagi para pedagang.

Penarikan undian ini dilakukan pekan depan, kepada 2.315 pedagang yang akan menempati tiga lokasi pasar yang telah disiapkan Disperindang.

“Tahap revitalisasi pasar akan dimulai dengan pos tender yang dilakukan pada bulan April nanti ,” jelas Kadis Perindag Kota Ambon, Pieter Leuwol kepada warta­wan di ruang kerjanya, Jumat (13/3).

Menurutnya, ada tiga lokasi yang akan ditempati pedagang yaitu, Pasar Transit Passo, Pasar Apung dan Pasar Ole-ole.

Ribuan  Pedagang Direlokasi

Baca Juga: Walikota: April Pasar Mardika Mulai Direvitalisasi

Seperti diberitakan sebelumnya, diren­canakan pada akhir Maret 2020 menda­tang, sebanyak 2,700 pedagang Pasar Mardika akan direlokasi pada tiga lokasi yang sudah disiapkan Pemkot Ambon.

Menurut Sekretaris Disperindag Kota Ambon, Janes Aponno, tiga lokasi yang dipilih pemerintah sebagai tempat relokasi para pedagang Pasar Mardika yakni, Pasar Apung, Pasar Transit dan Pasar Oleh-Oleh Tantui.

“Relokasi dilakukan karena bulan April 2020 Pasar Mardika sudah direvitalisasi, sehingga relokasi pedagang Maret,” jelas Sekretaris Disperindag Kota Ambon, Janes Aponno kepada Siwalima diruang kerjanya, Selasa (26/2).

Aponno menjelaskan,  revitalisasi Pasar Mardika tetap dilaksanakan pada akhir Maret. Untuk menunjang revitalisasi pasar, dalam tahun ini Disperindag akan me­mindahkan 2.700 pedagang.

“Pasar Apung yang kita siapkan dapat menampung 300 pedagang dan diper­untukan untuk pakaian jadi. Pasar Ole-Ole di Tantui, diperuntukan untuk pedagang sepatu, dan sisanya akan dialokasikan ke Pasar Transit Passo,” kata Aponno.

Dikatakan, sebelum akhir Maret seluruh pedagang yang akan dipindahkan semuanya sudah berada di tiga lokasi baru yang disiapkan pemerintah.

Ia mengakui, proses revitaslitasi masih ter­kendala keberadaan pedagang, se­men­tara pihak ketiga akan mengerjakan re­vitalisasi gedung putih dengan mudah, karena pasar sudah dikosongkan pada ak­hir Maret. “Saya berharap para pedagang ber­sedia ditempatkan pada 3 lokasi ber­beda dan 3 lokasi yang kita siapkan ini mampu menampung 2.700 pedagang,” tegasnya.

Ia menambahkan, luas Pasar Mardika yang akan direvitalisasi kurang lebih ham­pir 10 ribu meter persegi atau satu hektar.  “Lo­kasi seluas 10 ribu meter atau satu hek­tar diperuntukan untuk kurang lebih 3.000 kios dimana pembagunan yang di­lakukan secara vertikal ada lima lantai, dan akan didesain modelnya,” tandasnya. (Mg-5)