AMBON, Siwalimanews – Dalam upaya untuk mendukung pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) SD Negeri 39 Ambon bersama orang tua membantu siswa dalam proses pembelajaran online  dengan mem­berikan 3 buah HP android.

Pemberian baru dilakukan untuk  tahap pertama dengan memberikan kepada Va­lentina Hitijahubessy yang duduk di bang­ku kelas VI, Ya­kobis Makailopu kelas V dan  Maria Kelmaskosu di bangku kelas IV .

Kepala SDN 39 Ambon, Demas Supu­sepa  mengatakan, langkah ini merupakan kerjasama orang tua yang digagas oleh yayasan FPPKM sejak tahun 2020 .

Menurutnya kepedulian ini dilakukan sebab terjadi kesulitan saat belajar bagi orang tua yang belum bisa mengakomodir kebutu­han Android dalam pembelajaran lewat aplikasi.

Bayangkan saja, lanjut dia, jika kedapatan orang tua siswa mempu­nyai 6 orang anak namun orang tuanya  tidak bisa memenuhi kebutu­han dari anak-anaknya.Harus menu­nggu yang lain pakai dulu baru bisa digunakan sehingga pembelajaran susah untuk di laksanakan siswa tersebut.

Baca Juga: Diabaikan, Pegawai & Nakes Lapor Disnaker

“Kalau soal  pembelajaran me­mang bisa digabung dengan teman namun kalau pada saat tes menggunakan aplikasi windows office 365 itu kan satu hp cukup untuk satu anak, makanya anak tersebut tidak pernah mengikuti tes,” ucapan kepada Siwalima melalui telepon seluler, kemarin.

Sebagai kepala sekolah, dia juga merasa terpanggil bersama orang tua untuk membantu mereka. Selain itu, dirinya menyampaikan, SD 39 negeri Ambon juga terpilih sebagai sekolah yang mana kepala sekolah  terpilih sebagai kepsek penggerak bersama SD lainnya.

Dengan adanya hal itu maka ada dorongan dan motivasi dari sekolah bersama orang tua membantu siswa dalam kebutuhan belajar daring. “Ini adalah bentuk partisipasi yang sangat baik dari orang tua dan sekolah  juga dan para donatur yang membantu”katanya.

Dirinya mengucapkan terima kasih untuk peran serta orang tua dalam membantu siswa. (S-51)