BULA, Siwalimanews – Sebanyak 2.480 dosis Vaksin Sinovac yang dikirim Pemprov Maluku untuk jatah Kabupaten Sram Bagian Timur telah tiba di Kota Bula, Selasa (26/1) pukul 04.30 WIT dan langsung disimpan di ruang farmasi milik Dinas Kesehatan SBT.

Sebelumnya ribuan vaksin ini diberangkatkan dari Kabupaten Maluku Tengah menuju SBT, Pada Senin (25/1) pukul 19.00 WIT dengan mobil PT POS Indonesia dan mendapat pengawalan ketat dari dua personel Ditlantas Polda Maluku, 2 Personel Brimob dan 4 Personel Polres SBT yang dipimpin Kasat Intelkam Polres SBT Ipda Houver Unmehopa.

Kepada Siwalimanews Plt Kepala Dinas Kesehatan Malik Ridwan Malaka Yusuf di ruang kerjanya, Selasa (26/1) membenarkan, bahwa 2.480 dosis vaksin tersebut sudah diamankan di ruang farmasi milik Dinkes.

 

“Selain vaksin, adapula obat-obatan serta ada beberapa paket lainnya yangs eluruhnya berjumlah 176 Paket,” ujar Malaka.

Baca Juga: Ruang Kerja Kapolda dan Wakapolda Maluku Disterilkan

Sebelum dilakukan vaksinasi kata Malaka, pihaknya terlebuh dahulu akan melakukan simulasi dan pencanangan atau penetapan jadwal vaksinasi sesuai dengan surat edaran itu pada 27 Januari tahun 2021.

“Sebelum dilakukan vaksinasi, kami akan melakukan simulasi dan penetapan jadwal vaksinasi sesuai dengan edaran itu pada tanggal 27 Januari tahun 2021, namun tidak menutup kemungkin terjadi perubahan tanggal karena disesuaikan dengan kehadiran kepala daerah,” Ungkap Malaka.

Menyangkut tenaga vaksinator menurut Malaka, ada beberapa tenaga medis dari puskesmas yang juga merupakan pemegang program imunisasi telah dipilih untuk ikut pelatihan vaksinator.

Selain itu, untuk vaksin tahap I ini akan diberikan kepada tenaga medis, dan tahap kedua kepada pejabat Publik dan di tahap ketiga kepada masyarakat.

“Jika seseorang pernah positif Covid-19 tidak bisa divaksin. Begitupun bagi yang miliki penyakit seperti jantung, darah tinggi, stroke dan gula darah, mereka juga tidak bisa divaksin,” tandas Malaka. (S-47)