NAMLEA, Siwalimanews – Bupati Buru, Ramly Ibrahim Umasugi melantik lima penjabat kepala desa. Proses pelantikan yang dipusatkan di aula kantor bupati, Senin (25/1) tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kelima penjabat kades yang dilantik masing-masing, Abdul Salam Mukadar sebagai Kades Selwadu dan Farid Fanolong sebagai Kades Waemangit di Kecamatan Air Buaya, Ahmad Tasidjawa sebagai Kades Waspait di Kecamatan Fenalisela, Elvis Batuwael sebagai Kades Waepoti di Kecamatan Waplau, serta Arifin Buton sebagai Kades Sanleko di Kecamatan Namlea.

Dalam sambutannya Bupati minta kepada para kades agar menyiapkan para petani di desa mereka untuk ikut menanam kacang kedelai.

“Saya sudah bertemu dengan Dirjen Holtikultura dan saya ditantang siapkan lahan seluas 5000-7500 ha untuk program tanam kacang kedelai,” ujar bupati.

Dikatakan, setelah para petani akan diberi bibit kedelai, pupuk dan juga biaya pemeliharaan, hasil panen petani juga akan dibeli oleh pemerintah.

Baca Juga: Sejumlah Pembangunan Infrastruktur Diusulkan ke Pusat

“Selain itu, akan ada pula pembangunan 16 tower Telkomsel di sejumlah desa di tahun 2021 ini,” ungkapnya.

Bupati mengaku, sejak tahun 2020 kemarin, dari 82 desa definitif di Buru tak ada lagi yang dijabat oleh kades definitif, dikarenakan belum terlaksananya pilkades. Untuk itu drencanakan pada tahun ini akan digelar pilkades pada 20 desa.

Sementara untuk 62 desa lainnya direncanakan pilkadesnya akan diselenggarakan di tahun berikutnya. Namun ada kemungkinan juga pilkades lanjutan akan tertunda, karena bertepatan dengan perhalatan pilkada di tahun 2022 nanti.

“Kemungkinan juga pilkades berikut baru akan dapat dilaksanakan setelah selesai pilkada,” pungkasnya.

Usai pelantikan, bupati didampingi sekda  menyerahkan  piagam penghargaan dari  Kementrian Desa Tertinggal kepada 14 kades, yang dinilai sukses menyalurkan BLT-DD di desa mereka masing-masing. (S-31)