MASOHI, Siwalimanews – Charli Witanto akhirnya terpilih dan dilantik menjadi Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) HIPMI Maluku Tengah (Malteng) periode 2020-2023, Kamis (15/10).

Pelantikan Witanto bersama sekretaris dan struktur organisasi BPC HIPMI Malteng dilakukan langsung oleh Ketua BPD HIPMI Maluku Jaqueline Margareth Sahetapy, di Ruang Pertemuan Hotel Lounussa, di Masohi.

Ketua OKK DPN HIPMI, Boy Sangadji meminta kesiapan seluruh angota HIPMI agar mampu berkompetisi ditengah kondisi.  Paling penting adalah kesiapan seluruh kader. baik itu modal maupun sumber daya pendukung lain.

Disinggung pula tentang pentingnya menjaga integritas, kata Sangadji, HIMPI membutuhkan pemerintah dan sebaliknya pemerintah juga membutuhkan HIPMI dalam mendorong maksimalitas pembangunan di daerah.

“Kemampuan HIPMI harus diletakan pada tataran  negosiasi.  Tapi tentunya,  sudah harus punya kesiapan dana perusahaan serta daya dukung lain terlebih dulu,” pesannya.

Baca Juga: Pemprov Inventarisir Rumah Rusak Pasca Demo

Sebaliknya, Sangadji secara khusus memohon  peran serta pemerintah daerah dalam membangun daerah dan organisasi HIPMI.

“Libatkan HIPMI selaku organisasi pengusaha lokal daerah untuk membangun daerah,” pesannya.

Senada,  Ketua BPD HIMPI Maluku, Jaqueline Sahetapy juga mengapresiasi lahirnya kepengurusan HIPMI Malteng. Menurutnya,  pelantikan yang terlaksana menunjukan komitmen organisasi untuk berkontribusi bagi organisasi dan pembangunan daerah kedepan.

“BPC HIPMI Malteng memasuki  momentum baru untuk lebih mengoptimalkan gerak organisasi demi guna membantu mendorong perubahan yang lebih baik kedepan. Diinternal maupun didaerah, dalam hal ini  Kabupaten Malteng,” tandas Sahetapy.

Bagaimana mengoptimalkan kerja-kerja organisasi demi mewujudkan komitmen besar memajukan organi­sasi dan daerah?  Sahetapy mengata­kan, perlu usaha membangun kemit­-raan yang baik dengan pemerintah.

“Jangan berpikir daerah mau kasih apa,  tapi berpikirlah tentang apa yang bisa kita berikan bagi daerah,” pesan Sahetapy.

Pengembangan organisasi kedepan tentu tidak akan  lepas dari tantangan, karena itu Sahetapy juga mengingat­kan tentang pentingnya membangun komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah.

Sementara itu,  Wakil Bupati Maluku Tengah, Marlatu Leleury mengaku optimis bahwa organisasi ini akan bersinergi dengan pemerintah maupun memberikan kontribusi positif bagi pembangunan daerah kedepan.

“Kehadiran HIPMI tentunya akan membawa dampak positif bagi pembangunan daerah, meningkatkan kondusifitas perekonomian dan kemakmuran rakyat,” ujarnya. (S-36)