AMBON, Siwalimanews – Ketua DPRD Provinsi Maluku, Lucky Wattimury menghimbau, masyarakat Maluku untuk lebih mengutamakan protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19.

Himbauan ini disampaikan Wattimury, menanggapi suasana masyarakat yang akhir-akhir ini terlihat mengesampingkan protokol kesehatan, ketika melakukan aktivitas keluar rumah.

“Selaku pimpinan dewan, saya menghimbau masyarakat untuk mendukung pemerintah dengan mengutamakan protokol kesehatan,” jelas Wattimury kepada Siwalima, Jumat (3/7).

Dikatakan, banyak informasi yang pihaknya dapatkan dimana banyak orang mempertanyakan sejauhmana kerja yang telah pemerintah lakukan, sampai jumlah orang yang terpapar Covid-19 terus meningkat dari hari ke hari.

Terhadap kritikan-kritikan yang disampaikan masyarakat, baik secara langsung melalui aksi demo maupun dimedia sosial itu, kata Wattimury, disadari memang sangat penting dan baik. Tetapi masalahnya adalah dibalik naiknya angka orang yang terpapar corona itu, tidak hanya bergantung pada kerja pemerintah melainkan terpenting kesadaran masyarakat.

Baca Juga: 4 Hari Hilang di Laut, Warga Saumlaki Ditemukan Tewas

Menurutnya, apapun langkah yang diambil dan diberlakukan oleh pemerintah dengan anggaran yang besar sekalipun, jika kesadaran masyarakat itu kurang dan menganggap bahwa Covid-19 ini biasa-biasa saja, justru akan merugikan banyak orang.

Wattimury mencontohkan, aktivitas di Pasar Mardika yang dilakukan oleh masyarakat, terkadang protokol kesehatan secara tidak sadar dikesam­ping­kan. Orang sering menggunakan masker hanya sampai didagu, jaga jarak itu tidak dihiraukan.

Termasuk aksi demo yang dilakukan, katanya, walaupun aksi tersebut selama tidak melanggar aturan itu sah-sah saja tetapi protokol kesehatan itu perlu utamakan, sehingga penyebarannya dapat diatasi.

Olehnya, diperlukan upaya masyarakat untuk mendukung kebijakan pemerintah yang telah berjalan dengan mengutamakan anjuran pemerintah untuk kepentingan semua masyarakat.

“Semua orang boleh mengkritik pemerintah semua orang boleh berdemo tentang kebijakan peme­rintah tapi semua orang mesti sa­dar bagaiamna harus membantu agar penanganan Covid-19 oleh pe­merintah boleh berjalan dengan baik,” tutupnya. (Cr-2)