PENJABAT Walikota Ambon Bodewin Wattimena dan  Ketua Koni Kota Ambon, Agus Ririmasse meraih penghargaan Golden SIWO Award tahun 2023.

Penyerahan penghargaan Anugrah Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Insonesia yang digelar di Novotel Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (28/8) diserahkan oleh Ketua Umum PWI Atal Depari kepada para penerima penghargaan.

“Untuk Penghargaan Walikota Peduli Olahraga yang diterima Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena diteriman oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pak Richard Luhukay, sementara Ketua Koni Kota Ambon Agus Ririmasse mendapat penghargaan Ketua Umum KONI terdinamis,” jelas Ketua SIWO PWI Maluku Batje Warlauw dalam rilisnya yang diterima Siwalima, usai acara penerimaan penghargaan tersebut.

Warlauw mengaku, SIWO PWI Maluku awalnya berdasarkan rapat pleno dalam rangka pengusulan nama-nama calon penerima penghargaan mengusulkan tiga nama yakni, Pnejabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena, Ketua Koni Kota Ambon Agus Ririmasse serta Kadis Pemuda dan Olahraga Provinsi Maluku Sandi Wattimena.

“Awalnya itu kita usulkan tiga nama, namun saat diseleksi oleh panitia pusat melalui dewan juri dan dewan keabsahan, yang lolos hanya dua nama yakni penjabat walikota dan Ketua Koni Kota Ambon,” jelas Warlauw.

Baca Juga: Pemkot Terima Bantuan Tossa dari Jasa Raharja

Sebelumnya Ketua SIWO PWI Maluku, Batje Warlauw mengatakan, Golden Award Anugerah Olahraga SIWO, merupakan tradisi yang dilaksanakan SIWO pusat sebagai apresiasi terhadap insan atau tokoh-tokoh yang peduli pada dunia olahraga. SIWO daerah diberikan kesempatan untuk mengusulkan nominasinya.

“Ini tradisi SIWO PWI, dimana tujuan digelarnya Golden Award Anugerah Olahraga SIWO itu dalam rangka memberi apresiasi terhadap mereka yang berprestasi, memiliki kepedulian dan mengabdikan diri dibidang olahraga,” ujarnya.

Pengusulan Walikota Ambon, Ketua Koni Kota Ambon dan Kadispora Maluku ke SIWO pusat setelah PWI Maluku dan SIWO Maluku melakukan rapat pleno dalam rangka pengusulan tiga nama tersebut.

“Jadi kita SIWO PWI Maluku usul pada 25 Juli tahun 2023 namun yang menentukan itu panitia pelaksana pusat melalui dewan juri dan dewan keabsahan,” kata Warlauw.

SIWO Maluku kata Warlauw, sangat berharap, dari tiga nama yang diusulkan ini nantinya ada yang diakomodir panitia pusat, sebab PWI Maluku tetap konsisten dan terus mengawal pemerintah dalam mengembangkan dan menyuk­seskan olahraga untuk mengharumkan nama Maluku dan Indonesia.

Untuk diketahui, Penjabat Walikota Ambon masuk nominasi peraih penghargaan Walikota peduli olahraga. Salah satunya terlihat dengan supporting penuh kepada Koni Kota Ambon untuk pelaksanaan Kejuaraan Kota semua cabang olahraga hingga Pekan Olahraga Provinsi Maluku (POPMAL) IV tahun 2022 kemarin, serta kesuksesan Kota Ambon sebagai tuan rumah Popmal IV 2022.

Sementara, Agus Ririmasse setelah dilantik sebagai Ketua Umum Koni Kota Ambon, langsung bergeliat dengan merehab total Kantor KONI Kota Ambon, menggelar Kejuaraan kota dan berhasil membawa kontingen Kota Ambon sebagai  juara umum Popmal IV tahun 2022 lalu.

Beberapa kesuksesan itulah yang mengantar Ririmasse, manajer tim karate provinsi Maluku untuk Kejuaraan Nasional dan Pra PON XXI Aceh-Sumut ini akan meraih penghargaan kategori Koni terdinamis. (S-06)