DEMI meningkatkan minat dan bakat para generasi muda di Kabupaten SBT di bidang olah raga, Wakil Ketua  DPRD SBT, Agil Rumakat bekerja sama dengan PBSI SBT, PB Assalam, Bank BNI, Bank BSI, Permata Hitam, PB HT, PB Kemenag menggelar Turnamen Gumumae Open tahun 2023, di GOR HT, Minggu (6/17) hingga Rabu (16/8).

Turnamen Gumumae Open ini bertujuan untuk mencari bibit, maupun potensi para generasi muda serta masyarakat umum sehingga membawa nama harum kabupaten bertajuk Ita Wotu pada tingkat lokal, Propinsi Maluku sampai di tingkat nasional.

“Sebagai penikmat atau pengiat badminton merupakan bentuk inisiasi saya bersama dan teman- teman pengurus Persatuan Bulu Tangkis terus mendorong dan mengembang­kan kemampuan di bidang olah raga Bulu Tangkis,” tandasnya.

Ketua Inisiasi Kegiatan turna­-men bulu tangkis, Deny Suryana mengatakan, perlombaan yang digelar ini terdapat tiga kategori yakni kategori umum, instansi dan wanita. Dan alhamdulillah semuanya sudah diselesaikan berjalan dengan baik dan sukses.

“Tujuan dilakukan turnamen ini untuk menyambut Hari Kemer­dekaan Republik Indonesia yang ke- 78 tahun 2023. Dan sekaligus menjadi ajang lebih mempopu­ler­kan dan mempromosikan  ajang olah raga dibidang bulu tangkis bagi warga masyarakat Kabupaten Seram Bagian Timur,” ungkap Deny.

Baca Juga: Dindik MBD Terapkan Pembelajaran Berbasis Digital

Dikatakan, Agil Rumakat merupakan pencetus sekaligus pihaknya juga memberikan nama turnamen Gumumae Open Tahun 2023 di daerah ini.

“Turnamen Bulu tangkis yang kami laksanakan ini sudah menjadi agenda tetap untuk setiap tahunnya. Oleh sebab itu, dan Insa Allah akan dibuka turnamen gumumae open II dilakukan pada tahun 2024 mendatang,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan turnamen Bulu Tangkis ini bukan hanya sekedar dapat ikuti oleh pemuda dan pemudi Kabupaten Seram Bagian Timur sendiri. Tetapi melainkan juga beberapa pemain- pemain senior terbaik dari ganda putra dan putri terlibat. Sehingga juga merupakan nilai please bagi kami masyarakat.

“Turnamen ini diikuti 74 pasa­-ngan ganda putra dan ganda putri diantaranya 20 pasangan ganda dan putri,  37 pasangan ganda putra instansi, dan 17 pasangan ganda putra dalam kategori umum dan  mempere­butkan total hadiah dengan 20 juta rupiah, tropi dan piagam penghargaan,” terangnya.

Berikut adalah nama – nama pemenang atau juara untuk III katagori dimaksudkan yakni.

Katagori umum yakni, juara 1 Alimun/ Herwanto, juara II Julius Tan/Liga. Juara III Irwansyah/Dhanar Setya, dan juara ke  IV. Deny Suryana/Saleh Maba.

Kategori Instansi yakni, Juara I. Suryadi, S. Or/ Lilhamdaya Juadi (PB Kemenag). Juara II Doddy Eka W./ Nursetyo Ramadhan atau (Kejaksaan SBT) juara III Albilal Ari Orysta/Gandi Kasben (Permata Hitam) dan Juara IV, Deny Suryana/Hamra Tomasa (PB Assalam).

Untuk kategori wanita, juara I Emy Mochsal/Sarmi, juara II  Echa Purnamasari Ely/Neni Komalasari, juara III Hj. Rismawati/ Nurlayla Mustamar, dan juara IV Aulia Utari Rumaday/Sun Tjiu.

“Untuk juara satu katagori umum mendapatkan hadiah 5 juta ribu rupiah, dan juara dua 3  juta, serta juara 3 satu juta maupun juara 4 Rp 500 ribu rupiah. Sedangkan untuk kategori instansi, juara satu tiga juta, juara dua Rp. 1.500, juara 3 satu juta, dan juara 4 Rp 500. Dan katagori wanita berhadiah utamanya 2 juta, hadiah untuk juara II adalah 1 juta rupiah rupiah, tiga 750 ribu rupiah serta keempat 500 ribu rupiah,” tandasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, anggota DPRD SBT Wakapolres,  Danramil, Forkopimda dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah  Ketua PBSI Ismed Lisaholet serta para tamu undangan yang lainnya.(S-27)