MENYAMBUT perayaan HUT Kota Ambon yang ke-448 tahun, 7 September mendatang, berbagai lomba digelar, termasuk lomba Amboina Festival Jukulele.

Setelah berproses dari tingkat kecamatan, kini ratusan anak yang masuk 3 besar dari 5 kecamatan di Kota Ambon, akan berlomba ditingkat kota yang dikemas dalam acara Amboina Jukulele Festival 2023 yang berlangsung di Baileo Oikumene, Selasa (29/8).

Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena dalam sambutannya disela-sela pembukaan kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan ini digelar untuk mewujudkan semangat bermusik warga Kota Ambon, karena musik adalah bahasa universal yang mampu menyatukan hati dan merajut ikatan. Dan melalui kegiatan ini, dapat memperlihatkan keahlian anak-anak sebagai generasi kota ini.

“Lomba ini menjadi panggung bagi kita untuk berbagi kebahagian, berkolaborasi, bekerjasama dan saling menginspirasi. Untuk itu, saya mau berterima kasih bagi seluruh peserta atas antusiasnya. Ketika ini dilakukan tingkat kecamatan dan hari ini yang akan tampil adalah mereka yang terbaik dari 5 kecamatan. Dari proses ini kita melihat antusias anak-anak ini luar biasa,”ujarnya.

Baca Juga: Pemkot Terima Bantuan Tossa dari Jasa Raharja

Menurutnya, dengan keterlibatan berbagai pihak dalam kegiatan ini, menggambarkan “Ambon Par Samua”. Yang mana dengan ini juga, dapat dilihat berbagai keberagaman dan itu menjadi harta yang tak ternilai dalam setiap budaya, suku dan agama yang hadir di kota ini. Untuk itu, jaga dan pelihara keragaman ini sebagai kekuatan bersama yang akan membawa Ambon menuju masa depan yang lebih gemilang,”pintanya.

Dia juga menyampaikan terima kasih bagi semua pihak yang mendukung dan telah bekerja keras hingga terlaksananya kegiatan ini, terutama para orang tua yang telah mengijinkan anak-anaknya berlatih jukulele dan ikut kegiatan ini.

“Jaga semangat ini untuk menjadikan Ambon sebagai kota milik semua sesuai tema HUT kota 2023,” ujarnya.

Untuk diketahui, Grup Jukulele Bethesda Voice meraih juara per­-tama dengan berhasil mengum­pulkan nilai 425 point dari dewan juri yang diketuai irektur Ambon Musik Office (AMO), Ronny Lopies, mengungguli group Jukulele SMPN 15 Ambon yang menempatkan juara dua dengan nilai 420,5 dan juara ketiga diraih Loupuris dengan nilai 411,5 point. (S-25)