KETUA DPRD Provinsi Maluku, Benhur George Wa­tubun mengingatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah agar lebih antisipatif terhadap bencana di Maluku.

Peringatan ini diungkapkan Watubun kepada Siwalima, melalui pesan WhatsApp, Senin (15/5) merepons bencana banjir dan tanah longsor yang melanda beberapa daerah di Maluku.

Bencana alam yang terjadi be­lakangan merupakan akibat dari perubahan cuaca dan iklim yang mendorong terjadinya hujan dengan curahan yang tinggi sehingga merendam ratusan rumah bahkan pada beberapa lokasi terjadi tanah longsor.

Menurutnya, BPBD memiliki tugas untuk memastikan dampak dari bencana alam tidak menjadi berlarut-larut dirasakan masyarakat.

Artinya, ketika terjadi bencana alam maka BPBD harus segera bergerak cepat untuk melakukan upaya mitigasi termasuk penang­gulangan dengan melakukan pendataan terhadap warga terdampak.

Baca Juga: Petani Malteng Peroleh KUR 5.9 Miliar

“Tugas Badan Bencana harus lebih antisipatif dengan bergerak cepat melukukan pendataan jika terjadi bencana,” tegas Watubun.

BPBD Provinsi dan kabupaten/kota, kata Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Maluku ini, harus terus melakukan koordinasi terkait dengan bencana alam yang terjadi termasuk bantuan yang dapat diberikan guna meringankan beban masyarakat yang menjadi korban.

Selain itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Pattimura juga harus secara intensif terus mengabarkan keadaan cuaca terkini kepada masyarakat agar ada kewaspadaan dan antisipasi pun dapat dilakukan masyarakat khususnya yang tinggal di lereng gunung dan tepi aliran sungai.

Politisi PDIP Maluku ini pun menghimbau agar masyarakat lebih berhati-hati melakukan perjalanan ke mana saja karena cuaca ini berdam­pak pada keselamatan orang. (S-20)